Penerapan Massa Jenis di Kehidupan Sehari-hari

Penerapan Massa Jenis di Kehidupan Sehari-hari

Tahukah kalian bahwa benda-benda di sekitar kita menunjukkan penerapan massa jenis? Apa saja benda yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut ini.

Massa jenis merupakan hal yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang dapat ditemui pada banyak bidang. Massa jenis merupakan volume sebuah benda yang dinyatakan dalam satuan gram persentimeter kubik.

Massa jenis beda disebut dengan kerapatan benda dan memiliki ciri khas pada setiap jenis benda. Berikut merupakan contoh penerapan massa jenis yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

1.     Kapal Selam

Baca Juga:
Pengertian dan Penyebab Pencemaran Tanah

Ilustrasi kapal selam. (Shutterstock)
Ilustrasi kapal selam. (Shutterstock)

Kapal selam terbuat dari bahan alumunium dan titanium yang memiliki massa jenis yang kecil dan ringan namun kuat. Kapal selam dapat terapung dan tenggelam di laut.

Kapal selam yang terapung memiliki massa jenis yang lebih kecil dari air laut dan ketika tenggelam memiliki massa jenis yang lebih besar dari air laut. Hal itu terjadi karena kapal selam memiliki tangka pemberat yang berisi air dan udara yang dapat membesar atau memperkecil massa jenis kapal selam.

Saat tangki diisi dengan penuh dengan air, udara akan keluar dari tangka yang menyebabkan masa jenis kapal selam lebih berat dibandingkan air. Jika tangka kapal selam membuang air dan terisi udara maka kapal selam dapat mengapung di atas air

2.     Kapal Laut

Kapal laut dapat mengapung dan berlayar di lautan meskipun memiliki ukuran yang sangat besar karena kapal memiliki ruang kosong yang berisikan udara yang dapat membuat massa jenis kapal lebih kecil daripada air di laut. Jika kapal mengalami kebocoran maka kapal dapat tenggalam. Air yang masuk ke dalam kapal memaksa udara untuk keluar.

Baca Juga:
Apa itu Seaglider? Berikut Karakteristik dan Kegunaannya

3.     Pesawat Terbang

  • «
  • 1
  • 2
  • »