Grand prix ini adalah uji coba kami untuk mempersiapkan piala dunia

Jakarta () – Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) berencana menggelar kejuaraan ISSF Grand Prix Pistol and Rifle 2021 pada 1-11 September mendatang.

Sekretaris Jenderal Perbakin Firtian Yudit Swandarta mengatakan bahwa ISSF Grand Prix Pistol and Rifle 2021 merupakan ajang uji coba untuk Indonesia ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia Pistol dan Rifle 2022.

“Grand prix ini adalah uji coba kami untuk mempersiapkan piala dunia. Kami dipilih menjadi tuan rumah ISSF World Cup Pistol Rifle pada 8-18 Februari 2022,” kata Firtian dalam jumpa pers di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa.

Menurut Firtian, kesempatan itu menjadi pengalaman berharga karena untuk pertama kalinya Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia Menembak.

“Ini akan menjadi pengalaman kami karena kemungkinan kita bisa mendapat kesempatan menggelar piala dunia ini 10 hingga 20 tahun lagi,” ujar dia menambahkan.

Piala Dunia 2022 juga diharapkan Firtian dapat menjadi ajang kualifikasi yang masuk dalam perhitungan poin menuju Olimpiade 2024 Paris.

“Kami sedang negosiasi dengan ISSF (Federasi Olahraga Menembak Internasional) agar World Cup Februari nanti bisa menjadi minimal qualification score untuk kualifikasi menuju ke Olimpiade 2024 Paris,” pungkas dia.

Baca juga: Pandemi COVID-19 bikin pelatnas menembak fokus latih atlet junior

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2021