Jakarta () – Percasi Kalimantan Tengah menggagas turnamen catur daring (online) bertema “Bulan Bung Karno dan HUT PDIP Ke-48/2021” melalui platform catur daring yang sudah dikenal akrab oleh para pecatur Indonesia, yaitu Lichess.org

“Kami menggagas turnamen catur online ini karena pertandingan catur daring semakin banyak diminati oleh para pecatur Indonesia, terlebih saat pandemi COVID-19 yang belum tahu kapan akan berakhir,” kata Ketua Umum Percasi Kalimantan Tengah H Agustiar Sabran melalui siaran pers, Sabtu.

Menurut Agustiar yang juga anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan itu, turnamen catur yang akan berlangsung Minggu (6/6) besok diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kelahiran Bapak Proklamator Republik Indonesia Bung Karno yang jatuh pada tanggal 6 Juni sekaligus merayakan hari ulang uahun PDI Perjuangan Ke-48, .

Akhir-akhir ini, pertandingan catur daring semakin banyak diminati di Indonesia, terutama sesudah kejadian “Dewa Kipas”, nama sebuah akun di platform catur daring yang berhasil mengalahkan pecatur dari Amerika, meskipun akhirnya akun Dewa Kipas tersebut dilarang secara permanen oleh platform catur daring chess.com setelah diduga Dewa Kipas menggunakan bantuan program komputer saat bertanding.

Menurut koordinator pelaksana Henry Hendratno, turnamen catur “Bulan Bung Karno dan HUT PDIP Ke-48/2021” mendapat sambutan positif dari pegiat catur. Peserta yang sudah mendaftar secara online di platform Lichess.org berjumlah 773 orang.

“Diperkirakan sampai turnamen dimulai besok, 6 Juni 2021, jam 14.00 WIB, peserta bisa di atas seribuan orang,” kata Henry Hendratno yang juga Sekretaris Jenderal Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi).

Format pertandingan yang digunakan dalam turnamen catur daring tersebut adalah catur kilat 5 menit, dengan aturan pemegang buah putih dan buah hitam masing-masing mendapat jatah waktu berpikir 5 menit.

Sistem pertandingan yang digunakan pada babak penyisihan adalah sistem Arena 120 menit, yakni setiap pemain harus mengalahkan lawan sebanyak mungkin selama 120 menit. Semakin cepat mengalahkan lawan, maka seorang pemain akan semakin cepat pula mengumpulkan angka/poin. Sampai batas waktu 120 menit, barulah angka kemenangan setiap pemain akan dijumlah.

Dari seluruh peserta babak penyisihan akan dipilih 48 orang (sesuai usia PDIP) peringkat teratas untuk maju ke babak final.

Pendaftaran untuk mengikuti turnamen itu tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan disediakan hadiah bagi para pemenang, dengan total hadiah babak penyisihan Rp6,4 juta untuk 48 peringkat teratas yang berhak maju ke babak final. Total hadiah babak final sebesar Rp3 juta untuk lima peringkat teratas.

Berikut jadwal pertandingan platform Lichess.org
Babak Penyisihan: Minggu, 6 Juni 2021
Start Pukul 14.00 WIB, Catur Kilat 5 menit.
Sistem Arena 120 menit. No Berserk, No Arena Streaks

Babak Final: Minggu, 6 Juni 2021
Start Pukul 21.00 WIB 

Baca juga: Percasi Lampung bertekad sumbang medali PON Papua
Baca juga: Indonesia tambah satu wakil ke Piala Dunia Catur 2021 
Baca juga: Susanto raih tiket ke Piala Dunia Catur 2021 

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2021