Perkuat Ekonomi Keluarga, Mensos Beri Bantuan untuk PM Hidrosefalus

Kementerian Sosial RI memberikan bantuan ketiga kalinya kepada Penerima Manfaat (PM) hidrosefalus, Rafi Aryasatya, 8 tahun. Sebelumnya, diberikan berupa kebutuhan dasar dan obat-obatan.

Bantuan diberikan dari Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang berisi tabungan Rp 5 juta dan ditransfer melalui rekening bank untuk membantu keluarga PM anak hidrosefalus kelahiran Bogor, 15 September 2012 itu.

Arahan Risma, tabungan tersebut bisa meningkatkan perekonomian keluarga Rafi yang kondisi orang tuanya sedang tidak berpenghasilan.

Kementerian sosial (Kemensos) sebelumnya bersama Dinas Sosial Kota Bogor mengurus perubahan NIK ganda, dari BPJS mandiri dirubah menjadi Penerima Bantuan Iuran/Jaminan Kesehatan Nasional (PBI/JKN).

Baca Juga:
Berkat PKH dari Kemensos, Penghasilan Jutaan Rupiah Kini Jadi Miliknya

Kemudian, diinput ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), mendaftarkan menjadi peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan menghubungkan kepada yayasan Dompet Dhuafa dan Yayasan kitabisa.com

Mensos memberikan bantuan kepada PM hidrosefalus. (Dok. Kemensos)
Mensos memberikan bantuan kepada PM hidrosefalus. (Dok. Kemensos)

Kepala Balai Disabilitas Ciungwanara, Siti Sari Rumayanti, menyerahkan buku tabungan dan minta agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha orang tua Rafi, Muchamad Arnanto dan Rusmiati.

“Bantuan dari Mensos agar dipakai untuk membuka usaha untuk upaya meningkatkan ekonomi keluarga, sehingga kebutuhan Rafi dan keluarga bisa terpenuhi dengan baik,” harap Sari.

Ayah Rafi, Muchamad Arnanto, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Mensos yang sangat berarti bagi ekonomi keluarga.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Mensos atas bantuannya kepada Rafi dan kelularga kami yang sangat sekali membutuhkan,” ucap warga Cijabar ini.

Baca Juga:
Selama Maret 2021, Kemensos telah Salurkan Bantuan dalam Beberapa Tahap