Porsche Uji Coba Bahan Bakar Sintetis untuk Mobil Hybrid

Porsche Uji Coba Bahan Bakar Sintetis untuk Mobil Hybrid

Porsche siap melakukan uji coba bahan bakar sintetis pada 2022 sebagai salah satu strategi untuk memperpanjang umur mesin pembakaran internal.

Pabrikan mobil asal Jerman itu menyatakan telah melakukan riset terhadap bahan bakar sintetis dan tahun lalu mengumumkan kemitraan dengan Siemens Energy, AME, Enel, dan perusahaan minyak Chili ENAP untuk membangun pabrik produksi komersial dalam skala industri.

Pabrik ini akan mulai beroperasi pada 2022, siap memproduksi 55.000.000 L bahan bakar sintetis pada 2024. Dan meningkat sekitar sepuluh kali lipat pada 2026.

“Keunggulannya terletak pada kemudahan aplikasinya. Bahan bakar sintetis bisa digunakan pada mesin pembakaran dan plug-in hybrid, dan dapat memanfaatkan jaringan stasiun pengisian yang ada,” kata Oliver Blume, Kepala Eksekutif Porsche, dikutip dari Carscoops.

Baca Juga:
Lelang Mobil Maradona: Porsche 911 yang Pernah Distop Pak Polisi

Colokan baterai listrik pada Porsche Taycan All Electric  [Porsche Indonesia].
Porsche Taycan All Electric. Sebagai ilustrasi Porsche memiliki range produk mesin bensin, hybrid, serta all electric [Porsche Indonesia].

Sementara pimpinan divisi sport Porsche, Frank Walliser menambahkan bahwa perusahaan akan memulai uji coba bahan bakar ini mulai tahun depan.

“Kami berada di jalur yang benar, bersama mitra kami di Amerika Selatan. Yang pasti pada 2022, kami akan melakukan uji coba dalam skala kecil untuk edisi pertama,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, jalan panjang pengadaan bahan bakar adalah investasi besar. Tetapi Porsche yakin akan menjadi bagian penting dari upaya global perusahaan untuk mengurangi dampak karbon dioksida di sektor transportasi.

“Ide umum di balik bahan bakar sintetis ini yaitu: tidak diperlukan perubahan pada bagian mesin. Jadi semua orang bisa menggunakannya, dan kami menguji dengan spesifikasi bahan bakar pompa biasa. Tidak berdampak pada kendaraan,” sambung Frank Walliser.

Bahan bakar sintetis Porsche dibuat dengan cara menggabungkan hidrogen dan karbon yang ditangkap dari udara untuk menghasilkan metanol. Produk ini menjadi pengganti bahan bakar bensin yang bisa digunakan pada mesin kendaraan.

Baca Juga:
Jarang Dilirik Sebagai Lokasi Perakitan, Porsche Meminang Malaysia