Jakarta () – Sebanyak 49 atlet polo air putra dari berbagai provinsi di Tanah Air mengikuti seleksi nasional (seleknas) yang digelar oleh Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) sebagai persiapan menuju Asian Games Hangzhou, China, yang bakal bergulir pada 10-25 September 2022.

Dean Baldwin dari Komtek Polo Air PB PRSI mengatakan seleksi tersebut berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 20-22 Januari dengan protokol kesehatan ketat.

Atlet yang datang, di nya berasal dari Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, serta Papua.

Wajah baru pun menghiasai proses seleksi tersebut dan persentasenya mencapai 70 persen.

"PB PRSI menggelar seleknas selama tiga hari, semua materi seleknas langsung dari pelatih Milos Sakovich di Serbia. Usai seleknas, kita akan laporkan untuk kemudian terpilih 26 atlet," ujar Dean Baldwin dalam keterangan resminya, Kamis.

Rencananya, kata Dean, atlet-atlet polo air yang terpilih itu akan dipersiapkan menuju Asian Games Hangzhou.

"SEA Games 2021 yang diundur menjadi SEA Games 2022 Vietnam, cabang olahraga polo air tidak dipertandingkan. Kami persiapan untuk ajang Asian Games 2022 Huangzhou," tambah Dean.

Dari seluruh peserta seleknas, nantinya PRSI hanya akan memilih 26 atlet. Kemudian, akan mengerucut menjadi 18 atlet untuk try out ke Serbia mulai Februari.

Pada ajang SEA Games 2019, tim nasional polo air putra meraih medali emas untuk kali pertama, sekaligus mencetak sejarah emas pertama setelah didominasi Singapura selama 52 tahun. Sedangkan pada Asian Games 2018, tim polo air putra Indonesia menempati delapan besar. 

Baca juga: Pegiat polo air ASEAN gerah tidak diikutsertakan di SEA Games 
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2022