Pupuk Kaltim Tanam Jagung Perdana dari Program Agro Solution di Dompu, NTB

Pupuk Kaltim Tanam Jagung Perdana dari Program Agro Solution di Dompu, NTB

Pupuk Kaltim dan induk usaha Pupuk Indonesia bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melakukan pencanangan sekaligus penanaman perdana program Agro Solution untuk komoditas jagung, di Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat (6/11/2020).

Penanaman ini dilakukan Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar bersama SEVP Komersil Pupuk Kaltim Meizar Effendi, Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia Nugroho Christijanto, serta perwakilan Pemprov NTB, Pemkab Dompu dan stakeholders terkait.

Kegiatan ini menandai langkah nyata Pupuk Kaltim dalam mendorong produktivitas pertanian jagung masyarakat Dompu, sebagai dukungan Perusahaan dan induk usaha Pupuk Indonesia mewujudkan ketahanan pangan nasional. Program diikuti 163 petani dengan luasan lahan mencapai 222 hektare.

Meizar Effendi memaparkan bahwa Agro Solution dikembangkan melalui pemanfaatan kawasan pertanian dengan konsep aliansi kemitraan berkelanjutan, yang bekerja sama dengan Pemerintah dan stakeholders multi pihak. Yaitu bidang perbankan, asuransi pertanian, hingga offtaker, guna mendukung produktivitas hasil pertanian secara signifikan.

Baca Juga:
Agro Solution Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Jember

Program ini melakukan pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian secara berkelanjutan, melibatkan rantai pasok yang didukung teknologi berbasis pada triple bottom line 3P (people, planet dan profit).

“Agro Solution dapat menjadi solusi mewujudkan ketahanan pangan melalui program intensifikasi, ekstentifikasi dan mekanisasi pertanian, termasuk kesejahteraan petani dengan memberikan manfaat layanan yang lebih luas secara holistik,” jelas Meizar Effendi.

Pelaksanaan Agro Solution di Dompu adalah berdasarkan rekomendasi Kemendes PDTT, setelah melihat kesuksesan program di beberapa wilayah distribusi Pupuk Kaltim yang berhasil meningkatkan kapasitas dan produktivitas pertanian setempat. Beberapa di antaranya adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan dan Gorontalo, dengan komoditi padi, jagung dan singkong.

“Pupuk Kaltim optimis Agro Solution mampu meningkatkan keunggulan hasil pertanian secara kompetitif, sekaligus menciptakan komunitas masyarakat yang produktif di sepanjang rantai pasok pertanian untuk meningkatkan ketersediaan pangan sesuai kebutuhan pasar,” imbuhnya.

Sementara Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia, Nugroho Christijanto mengatakan Agro Solution sebagai salah satu wujud tanggung jawab Pupuk Indonesia, yang tak hanya bertugas memenuhi kebutuhan pupuk, namun turut mendorong peningkatan kapasitas dan produktivitas pertanian di Indonesia.

Baca Juga:
Pupuk Kaltim Komitmen Berdayakan Masyarakat di Tengah Pandemi

“Pupuk Indonesia menggandeng banyak pihak agar program berjalan maksimal, dengan memfasilitasi berbagai kemudahan bagi petani, agar pertanian nasional dan kesejahteraan petani mampu tumbuh signifikan,” jelasnya.

  • «
  • 1
  • 2
  • »