Renault Twingo EV Generasi Ketiga, Selaras Kebutuhan Rata-rata Warga Eropa

Renault Twingo EV Generasi Ketiga, Selaras Kebutuhan Rata-rata Warga Eropa

Agar efisien, berapa kali idealnya mobil murni tenaga listrik atau Electric Vehicle (EV) diisi ulang atau recharge dalam sepekan? Renault Twingo EV menjawab tantangan ini dengan keren: cukup sekali saja seminggu. Atau selaras dengan kebutuhan rata-rata warga Eropa.

Dikutip kantor berita Antara dari siaran pers Renault, Renault Twingo EV generasi ketiga yang diluncurkan baru-baru ini dibekali baterai 22 kWh, berbobot 165 kg, dan mampu melahap jarak total 270 km atau setara perjalanan di dalam kota selama seminggu penuh untuk rata-rata pengguna di Benua Biru.

Atau dengan kata lain, mayoritas konsumen di Eropa hanya perlu mengisi baterai atau proses recharging sekali per satu minggu agar dapat memenuhi kebutuhan berkendara mereka sehari-hari.

Untuk pengisian daya dalam durasi setengah jam atau 30 menit, Renault Twingo EV edisi terbaru ini bisa diajak melahap ruas sejauh 80 km.

Baca Juga:
Renault Triber Kini Dilengkapi Varian Matic

Pengisian bahan bakar Renault Twingo EV generasi ketiga [Renault via HO ANTARA].
Pengisian bahan bakar Renault Twingo EV generasi ketiga [Renault via HO ANTARA].

Sementara bila diiisi ulang menggunakan instalasi baterai di rumah yang memiliki daya 2,3 kW (10 A) maka durasinya menjadi 15 jam. Dan menggunakan perangkat Wallbox 7,4 kW (32 A) perlu empat jam agar penuh.

Disimak dari spesifikasinya, bila sebagian besar mobil di segmen city car dilengkapi sistem gerak roda depan atau Front-wheel Drive (FWD), maka Renault Twingo EV diberi penggerak roda belakang atau rear-wheel Drive (RWD). Serta top speed mencapai 135 km per jam.

Adapun tujuan disematkannya sistem gerak RWD serta baterai semakin mumpuni adalah menjadikan Renault Twingo lebih mantap dalam menjelajah berbagai macam kondisi jalan raya.

“Dibangun di atas platform yang dirancang untuk mobil listrik, Twingo Electric menawarkan kinerja yang sama dengan Twingo sebelumnya, yang berhasil memberikan pengalaman menyenangkan dalam berkendara,” demikian papar Renault dalam siaran pers pada Senin (19/10/2020).

Sebagai generasi ketiga, Renault Twingo EV adalah generasi ketiga setelah edisi perdana muncul 1992, dan diberi label setara Rp371,4 juta. Saat ini, unitnya sudah terjual empat juta unit di 25 negara.

Baca Juga:
Renault Triber MCJ Edition, Desain Unik dari Renault Indonesia