Sebelum Meninggal, Diet Rina Gunawan Jadi Inspirasi Banyak Orang

Presenter dan Aktris Rina Gunawan, dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (2/3/2021). Kabar ini dikonfirmasi manajer dan suami, Teddy Syah.  Sebelum meninggal, Rina sempat dilarikan ke rumah sakit karena sesak napas.

Tidak hanya itu, ibu dari dua orang anak ini, sempat dikabarkan positif Covid-19 dan masuk ICU. Rina juga diketahui memiliki penyakit bawaan, yaitu asma dan radang paru-paru. Masalah meninggalnya Rina akibat Covid-19 atau bukan masih menunggu kabar dari rumah sakit.

Selain itu, banyak warganet juga mempertanyakan meninggalnya Rina karena diet yang dilakukannya. Namun, Teddy Syah membantah jika meninggalnya Rina Gunawan berhubungan dengan diet yang dijalaninya.

Berbicara mengenai diet, perempuan kelahiran Bandung, 28 Juni 1974 ini pernah menjadi inspirasi banyak masyarakat karena berhasil menurunkan berat badan sekitar 30 kilogram dalam waktu lima bulan. Dikatakan berat badan Rina pernah mencapai 103,8 kilogram. Lalu dirinya melakukan diet secara daring melalui ponsel.

Baca Juga:
Lama Jadi Rekan Kerja, Ivan Gunawan Terpukul Rina Gunawan Meninggal

Presenter Rina Gunawan saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (22/1/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]
Presenter Rina Gunawan saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (22/1/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Awal mula Rina melakukan diet yaitu pada Juni 2020 lalu. Saat itu, kondisi pandemi membuat badannya menjadi naik akibat banyak memakan camilan. Oleh karena itu, dirinya memutuskan untuk melakukan diet.

Salah satu metode diet yang diterapkan saat itu adalah ketofastosis. Diet ini membatasi asupan gula dan karbohidrat serta memperbanyak lemak dan protein. Rina juga lebih banyak mengonsumsi air putih saat melakukan diet. Dalam satu hari, dirinya mampu menghabiskan sekitar 6 liter air putih.

Selain itu, dirinya juga menghindari mengonsumsi makanan-makanan berminyak, santan, dan terigu. Rina juga mengonsumsi meal plan atau menu makanan diet sebanyak lima kali dalam sehari. Selain itu, dirinya juga mengganti menu sarapan dengan oatmeal.

Dari diet yang dilakukan, terbukti dua bulan berjalan dirinya mampu menurunkan berat badan hingga 17 kilogram. Lalu, setelah lima bulan berlangsung ia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 30 kilogram.

Diet yang dilakukannya juga menginspirasi banyak orang. Namun, setiap manusia pada dasarkan akan kembali kepada yang Maha Kuasa. Kepergian Rina Gunawan dikonfirmasi oleh manajer, Evi G. Margarhetna. Walaupun telah tiada, kisahnya dan perjalanan hidupnya telah menginspirasi banyak orang.

Baca Juga:
Belajar dari Rina Gunawan, Ini Pertolongan Pertama Sesak Napas

Penulis: Fajar Ramadhan