Seharian Pakai Masker Picu Masalah Kulit, Simak 4 Cara Mencegahnya

Seharian Pakai Masker Picu Masalah Kulit, Simak 4 Cara Mencegahnya

Pakai masker telah menjadi kebutuhan baru selama pandemi demi menekan penularan virus corona Covid-19. Meski begitu, banyak orang mengeluhkan berbagai masalah kulit karena harus pakai masker seharian.

Melansir Independent, menurut dokter kulit terkemuka, Dr. Anil Budh-Raja, penutup wajah memang dapat menyebabkan banyak masalah pada kulit, termasuk ruam akibat gesekan dari masker, serta jerawat dan eksim.

“Jika terdapat bagian dari masker yang menyentuh jerawat aktif, ini juga bisa memperburuk jerawat dan membuat lebih banyak bintik-bintik yang meradang, sementara eksim dan psoriasis yang parah juga bisa memburuk,” ungkap dia.

Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghindari berbagai konsekuensi penggunaan masker, di antaranya:

Baca Juga:
Inem dan Aktivitas Sanggar Tarinya yang Berubah karena Pandemi

Ilustrasi menggunakan lipstik merah. (Shutterstock)
Ilustrasi menggunakan lipstik merah. (Shutterstock)

Minimalisir Riasan

Masker menciptakan lingkungan lembap yang kemudian memengaruhi produksi sebum di kulit. Hal ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Jadi sebagai langkah antisipasi, minimalkan riasan yang Anda kenakan, terutama alas bedak dan concealer dengan formulasi berat.

“Anda tak perlu menghindari riasan, tapi sebaiknya gunakan riasan dengan alas bedak berbahan dasar air untuk mencegah pori-pori tersumbat di balik masker,” ungkap Budh-Raja.

Pakai Masker Buatan Sendiri atau Masker Kain

Baca Juga:
Videografis: Tips Belajar Daring di Rumah Kala Pandemi

Selagi Anda bukan petugas medis yang menangani pasien, masker kain masih dianggap cukup efektif mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

  • «
  • 1
  • 2
  • »