Jakarta () – Atlet para-renang Indonesia Syuci Indriani terhenti pada babak penyisihan nomor 200 meter gaya ganti perorangan putri SM14 setelah finis di urutan keempat dalam lomba heat dua dengan catatan waktu 2 menit 40,46 detik di Tokyo Aquatics, Selasa.

Hasil ini berselisih 13,62 detik dari wakil Komite Paralimpiade Rusia Valeriia Shabalina yang finis terdepan dengan catatan waktu 2 menit 26,84 detik.

Sementara posisi kedua dan ketiga di tempati wakil Australia Paige Leonhardt dan Ashley Van Rijswijk yang masing-masing menorehkan catatan waktu 2 menit 32,70 detik dan 2 menit 39,10 detik, demikian laporan hasil perlombaan dalam laman Paralimpiade Tokyo.

Pada awal lomba, Syuci mampu bersaing. Setidaknya saat lomba memasuki 50 meter dan 100 meter, dia berada di urutan ketiga. Namun memasuki 150 meter selanjutnya, posisi Syuci tergeser menjadi keempat.

Dengan hasil ini, Syuci pun gagal melaju ke final yang dijadwalkan berlangsung pada hari ini, pukul 15:42 WIB.

Secara keseluruhan, catatan waktu Syuci menempatkannya di urutan ke-13 dari 17 peserta yang berlomba di nomor 200 meter gaya ganti perorangan putri SM14.

Baca juga: Syuci Indriani gagal ke final 100m gaya dada di Paralimpiade Tokyo
Baca juga: Syuci Indriani terhenti di babak penyisihan 100m gaya kupu-kupu S14

Ini merupakan kali ketiga Syuci gagal memaksimalkan kesempatan di Paralimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya, langkah Syuci juga terhenti di babak penyisihan nomor 100 meter gaya dada putri SB14 dan nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri S14.

Secara pencapaian, hasil ini tidak lebih baik dari torehan Syuci ketika debut di Paralimpiade Rio de Janeiro, Brazil, 2016 yang kala itu dia menembus final di nomor 100 meter gaya dada SB14 dan 200 meter gaya ganti perorangan SM14 putri.

Sementara delapan peserta yang berhak melaju ke final adalah Valeriia Shabalina, Paige Leonhardt, kemudian dua wakil Inggris Raya Bethany Firth dan Jessica Jane Applegate, Pernilla Lindberg (Swedia), Mami Inoue (Jepang), Ruby Storm (Australia), dan Janina Falk (Austria).

Baca juga: Jadwal Indonesia 31 Agustus: Jalan terjal Indonesia tambah medali
Baca juga: Indonesia hadapi China di nomor beregu para-tenis meja Paralimpiade
Baca juga: Bolo Triyanto petik banyak pengalaman dari kekalahan di Paralimpiade

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © 2021