Jakarta () – Juara bertahan Tadej Pogacar terus mencermati pesaing-pesaingnya saat mempertahankan jersey kuning sebagai pemimpin klasemen umum lomba balap sepeda Tour de France setelah etape kesembilan yang menempuh jarak 144,9 km berupa trek pegunungan dari Cluses di Alpen utara, Minggu.

Pebalap Australia Ben O'Connor dari tim AG2R-Citroen memenangi etape tersebut setelah berada di depan duet Italia, Matteo Cataneo dan Sonny Colbrelli.

Pogacar yang berasal dari Slovenia merebut jersey kuning Sabtu kemarin dan di etape sembilan memegang kendali seharian sebelum merespons pacuan terakhir dari pebalap sepeda Ekuador Richard Carapaz yang merupakan rival utama dalam klasemen umum, pada tanjakan terakhir menuju resor Alpe di Tignes (21 km pada 5,6 persen) untuk tetap memuncaki klasemen.

Sementara itu, dengan bekal kemenangan perdananya dalam etape Tour de France, O'Connor menanjak ke urutan kedua klasemen umum atau dua menit satu detik lebih cepat dari urutan ketiga dari Kolombia Rigoberto Uran, sedangkan Carapaz tertinggal pada urutan kelima dengan selisih 5 menit 8 detik.

Setelah start brutal dalam Tour ini, runner-up tahun lalu Primoz Roglic mundur setelah tak bisa memulihkan diri dari cedera berketerusan akibat tubrukan pada etape ketiga.

Mathieu van der Poel yang kelelahan dan sempat mengenakan jersey kuning pekan ini juga keluar dari balapan. Pebalap sepeda Belanda itu berambisi memenangi medali emas Olimpiade dalam balap sepeda gunung, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Tour de France 2023 diawali di Bilbao

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © 2021