Tanpa Obat, Begini Lima Cara Alami untuk Atasi Kecemasan

Tanpa Obat, Begini Lima Cara Alami untuk Atasi Kecemasan


Kecemasan dalam masa pandemi memang sering kali meningkat. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki cara tersendiri untuk menenangkan kecemasan Anda.

Dilansir dari Insider, berikut adalah lima metode perawatan diri yang dapat membantu mengurangi perasaan cemas, antara lain:

1. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga bisa menjadi sangat efektif untuk menghilangkan gejala kecemasan dan meningkatkan mood.

“Aktivitas fisik sedang seperti berjalan selama 60 menit, 4 hari per minggu, bisa hampir sama efektifnya dengan obat untuk mengurangi kecemasan,” kata Dawn Jonas, NMD dari Southwest College of Naturopathic Medicine.

Sebuah tinjauan ilmiah tahun 2017 dari enam studi acak terkontrol menyimpulkan bahwa, berolahraga secara signifikan mengurangi gejala kecemasan lebih dari kondisi kontrol. Tinjauan ilmiah 2017 lainnya menemukan bahwa pelatihan ketahanan, seperti angkat berat juga memiliki dampak signifikan pada pengurangan tingkat kecemasan.

Bahkan latihan singkat dan sederhana seperti berjalan kaki selama 20 menit juga disebut dapat mengurangi stres.

2. Tetapkan Jadwal Tidur

Kecemasan dapat membuat sulit untuk tidur dan tidak cukup istirahat dapat berkontribusi terhadap peningkatan kecemasan.

Namun, ada beberapa cara utama untuk mendapatkan tidur yang lebih baik di tengah kecemasan, seperti memiliki rutinitas tidur yang jelas.

Secara keseluruhan, mencoba untuk mendekati 7 hingga 9 jam tidur yang disarankan setiap malam dapat membantu mencegah kecemasan.
“Kurang tidur meningkatkan produksi hormon stres yang dapat memperburuk kecemasan,” kata Jonas.

  • «
  • 1
  • 2
  • »