Jakarta () – Tim nasional (timnas) bola voli indoor putra Indonesia bakal bersaing dengan tuan rumah di Grup A pada babak penyisihan SEA Games Hanoi, Vietnam yang dijadwalkan bergulir pada 12-23 Mei.

Berdasarkan hasil undian seperti dilansir laman resmi Konfederasi Bola Voli Asia (AVC), Sabtu, selain Vietnam, skuad Merah Putih juga akan melakoni laga melawan Myanmar dan Malaysia untuk memperebutkan dua tempat di semifinal.

Sementara pada Grup B dihuni Thailand, Filipina, dan Kamboja. Undian fase grup ini merujuk pada hasil SEA Games sebelumnya di Filipina pada 2019 dan sesuai dengan pasal 12.7 pada Technical Handbook bola voli indoor.

Tim putra Indonesia yang hadir sebagai juara bertahan menjadi unggulan teratas. Sedangkan Grup B dipimpin Filipina yang meraih medali perak pada SEA Games edisi sebelumnya.

Setelah babak penyisihan grup selesai, dua tim terbaik dari masing-masing grup akan kembali bersaing di semifinal dengan sistem silang alias juara grup bertemu dengan runner-up.

Sementara untuk persaingan di sektor putri, peserta yang turun berjumlah lima negara. Indonesia bakal bersaing lebih dulu di fase grup melawan Thailand, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Baca juga: PBVSI akhirnya panggil 12 pevoli putri untuk SEA Games Hanoi

Tim yang berhasil menempati posisi pertama dan kedua bakal melaju ke final untuk memperebutkan medali emas SEA Games Hanoi. Sedangkan posisi ketiga dan keempat bakal bertemu dalam laga perebutan medali perunggu.

Tim putri Indonesia pada SEA Games 2019 di Filipina meraih medali perunggu. Dalam perebutan posisi ketiga, skuad Merah Putih mengalahkan tuan rumah dengan skor 3-2 (25-20, 24-26, 25-15, 20-25, 16-14).

Adapun pada SEA Games Hanoi, cabang olahraga bola voli indoor dijadwalkan bergulir di Dai Yen Sports Arena, Quang Ninh, Vietnam, pada 13-22 Mei 2022.

Baca juga: Timnas bola voli putra tanpa uji tanding jelang SEA Games Hanoi
Baca juga: PBVSI tunjuk pelatih asal China untuk timnas bola voli putra

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © 2022