Jakarta () – Pelatih tim nasional futsal Indonesia Muhammad Hashemzadeh meminta anak-anak asuhnya untuk fokus sepenuhnya menatap laga final Piala Futsal AFF 2022 kontra Thailand yang digelar di Bangkok, Minggu (10/4).

“Kami mesti melupakan kemenangan di semifinal karena partai final sudah di depan mata. Kami harus beristirahat dengan baik sebelum laga tersebut,” ujar Hashemzadeh, dikutip dari laman AFF di Jakarta, Sabtu.

Timnas futsal Indonesia melaju ke final Piala Futsal AFF 2022 setelah menundukkan Myanmar dengan skor 6-1 pada laga semifinal di Bangkok, Jumat (8/4).

Sementara lawannya di partai puncak, Thailand, berhak bertarung di pertandingan pamungkas ln mampu menundukkan Vietnam 3-1 di fase empat besar.

Pelatih Thailand Carlos Cesar menyebut bahwa timnya bersyukur bisa mencapai target ke final Piala AFF 2022.

Skuad “Gajah Putih” pun berjanji menampilkan permainan yang sama seperti ketika mereka menundukkan Vietnam saat berlaga di final.

“Kami tim yang berisi pemain muda. Kami akan berlaga dengan gaya kami sendiri seperti yang kami tunjukkan saat menghadapi Vietnam,” tutur Carlos.

Baca juga: Pelatih akui kondisi fisik pengaruhi Indonesia saat hadapi Thailand

Bagi Indonesia, final Piala Futsal AFF 2022 menjadi final kelima sepanjang keikutsertaan di turnamen tersebut. Uniknya, dari jumlah itu, empat kali skuad “Garuda” bertarung melawan Thailand, termasuk di edisi 2022.

Namun, pada tiga pertemuan di final sebelumnya yaitu pada tahun 2006, 2008 dan 2019, Indonesia tak sekali pun mencatatkan kemenangan atas Thailand.

Satu-satunya kejayaan Indonesia di pertandingan final didapatkan pada Piala Futsal AFF 2010, di mana “Garuda” menundukkan Malaysia 5-0 dan keluar sebagai juara. Sampai Piala AFF 2019, gelar tersebut menjadi satu-satunya bagi Indonesia.

Baca juga: Indonesia jadi tuan rumah Piala AFF U-18 Putri 2023

Adapun Thailand datang ke final Piala Futsal AFF 2022 Thailand dengan status pemegang 15 trofi kampiun. Sebagai informasi, sejak Piala Futsal AFF dilaksanakan pada tahun 2001, hanya ada dua negara yang pernah menjadi juara yakni Thailand dan Indonesia.

Indonesia dan Thailand sejatinya sudah saling berhadapan di fase grup, tepatnya di Grup A, Piala Futsal AFF 2022. Saat itu, kedua tim bermain imbang 2-2 walau Indonesia unggul dua gol terlebih dahulu.

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © 2022