Jakarta () – Tim karate Indonesia memiliki bekal penting menjelang SEA Games Hanoi, Vietnam, setelah sukses melampaui target pada Kejuaraan South East Asian Karate Federation (SEAKF) 2022 di Kamboja, 25-27 Maret.

Skuad Merah Putih berhasil membawa pulang lima emas, tiga perak, dan enam perunggu. Hasil tersebut membuat Indonesia berada pada posisi kedua klasemen akhir.

Indonesia hanya kalah jumlah medali perak dari Vietnam yang menempati urutan teratas dengan lima emas, lima perak, dan tiga perunggu.

Sementara Malaysia menduduki urutan ketiga dengan lima emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Pencapaian ini melebihi target tiga emas yang dicanangkan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki).

Wakil Sekretaris Jendral Bidang Luar Negeri PB Forki Darly Siregar yang turut menyaksikan langsung perjuangan atlet Indonesia di Kamboja mengatakan hasil ini juga menjadi modal penting Indonesia dalam persiapan menghadapi SEA Games Hanoi.

"Ini merupakan uji coba terakhir sebelum bertolak ke SEA Games Hanoi. Memasuki bulan Ramadan nanti, kami akan tetap berlatih dan terus memantapkan persiapan," kata Darly kepada , Senin.

Selain itu, hasil ini juga diharapkan menjadi barometer prestasi bagi karateka Indonesia pada SEA Games 2022 Hanoi karena peserta yang turun pada kejuaraan di Kamboja juga mayoritas bakal turun dalam SEA Games.

Adapun lima emas Indonesia dari Kejuaraan Karate SEAKF 2022 itu disumbangkan oleh  Krisda Putri Aprilia dari kata perseorangan putri, Ahmad Zigi Zaresta Yuda pada kata perseorangan putra, Ignatius Joshua dari  kumite putra kelas -75kg, Dessynta Banurea pada kumite putri kelas +68kg, dan kumite beregu putri.

Baca juga: Karateka Krisda Putri Aprilia rebut emas SEAKF 2022 di Kamboja

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2022