Tips Memilih Kurma Manis, Pastikan Pilih Tekstur yang Seperti Ini

Kurma manis memang menjadi primadona saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Meski begitu, kita harus lebih jeli untuk memilih kurma yang terasa manis, segar dan tentunya bebas dari pemanis buatan. Nah, tahukah kamu tips memilih kurma manis?

Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui tips memilih kurma manis supaya mendapat manfaat yang dimiliki buah yang menjadi sunnah untuk menu berbuka puasa ini. Berikut sederet tips memilih kurma manis yang telah dirangkum untuk kamu. 

Tekstur keras dan padat

Kurma yang tidak diberi pemanis buatan, kulitnya akan jauh lebih keras dan padat. Sedangkan kurma manis buatan akan lebih lunak. Hal ini diakibatkan karena ada proses pemanasan buah saat kurma diolah bersama cairan gula. Selain itu rasa kurma manis alami akan terasa sampai dalam jaringan buah, bukan hanya di permukaannya saja.

Baca Juga:
Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Anemia

Warna Kurma

Tips kedua untuk mendapat kurma yang baik adalah dengan memperhatikan warnanya. Pada umumnya kurma memiliki varian warna dari mulai kuning, merah, coklat sampai kehitaman.

Ilustrasi kurma. (Pixabay/Rawpixel)
Tips memilih kurma manis – ilustrasi kurma. (Pixabay/Rawpixel)

Coba pilihlah kurma yang memiliki warna merata dan tidak ada bagian yang rusak. Apabila persyaratan tersebut terpenuhi maka kurma itu masih sehat dan segar.

Dikerubuti Semut

Salah satu cara membuktikan manis asli kurma dapat dilakukan dengan dibiarkan di ruangan terbuka. Apabila, kurma tersebut dikerubuti banyak semut maka dapat dipastikan bahwa kurma itu menggunakan pemanis buatan.

Baca Juga:
3 Cara Simpan Kurma Agar Tetap Awet

Sebab, kurma asli justru tidak akan dikerubuti semut lantaran rasa manisnya yang berasal dari dalam.

  • «
  • 1
  • 2
  • »