Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Sedang Bekerja

Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Sedang Bekerja

Produktivitas kerja bisa terganggu karena rasa kantuk yang datang menyerang. Munculnya rasa kantuk akan sangat membuat tidak nyaman karena membuat orang tidak fokus.

Hal itu akan membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak optimal.

Oleh karena itu, di bawah ini terdapat tips-tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul saat sedang bekerja seperti yang dilansir dari healthline.com.

1. Coba minuman yang mengandung kafein

Baca Juga:
15 Tahun Mengabdi untuk KPK, Penyidik Senior Hendri Christian Pensiun

Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)
Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)

Kafein adalah stimulan yang meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Kafein dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja mental, serta membantu melawan kantuk. Coba minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh. Secangkir minuman yang mengandung kafein akan menambah energi bagi tubuh sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

Namun, saat meminum minuman yang mengandung kafein diharapkan untuk tidak berlebih.Minum terlalu banyak kafein dapat merangsang dan membuat gelisah, sehingga memengaruhi tingkat produktivitas.

2. Coba tidur walau sebentar

Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Sedang Bekerja - 2

Rasa kantuk terkadang tidak bisa dihindari. Untuk itu, coba tidur sekita 15 sampai 30 menit. Walau hanya sebentar, itu akan membuat rasa kantuk hilang saat terbangun dari tidur. Melakukan tidur sejenak, akan membuat mata beristirahat sehingga saat terbangun mata menjadi lebih segar serta pikiran kembali fokus.

3. Cobalah berjalan-jalan kecil

Baca Juga:
Menggemaskan! Tiga Anak Kembar ini Antar Ayah yang Hendak Bekerja

Ilustrasi lelaki bertato. [Shutterstock]
Ilustrasi. [Shutterstock]

Rasa kantuk sering muncul akibat menatap layar terlalu lama atau posisi yang diam saja. Oleh karena itu, untuk mengatasi rasa kantuk coba bangun dari posisi kita, lalu coba berjalan-jalan sejenak. Hal itu akan membuat darah di tubuh mengalir. Tubuh yang bergerak akan membuat rasa kantuk hilang.

  • «
  • 1
  • 2
  • 3
  • »