Jakarta () – Asisten pelatih tim NFL Minnesota Vikings, Rick Dennison, menanggalkan jabatannya setelah menolak vaksinasi COVID-19, demikian dilaporkan ESPN, Sabtu dini hari WIB.

Dennison melepas pekerjaan sebagai pelatih lini ofensif/koordinator run game yang sudah dua musim ia jalani dan diyakini menjadi pelatih pertama di NFL yang mundur karena memilih tidak mengikuti vaksinasi COVID-19.

Operator NFL, liga american football Amerika, mewajibkan seluruh staf tingkat satu semua tim yang meliputi pelatih, petugas eksekutif manajemen, manajer perlengkapan dan pemandu bakat, untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

Para pemain yang tampil musim ini tidak diwajibkan sudah menjalani vaksinasi COVID-19, tetapi kehilangan keleluasaan dibandingkan pemain yang sudah vaksin seperti harus menjalani protokol ketat selama pemusatan latihan maupun sepanjang menjalani musim.

Dalam surat edaran NFL menyatakan bahwa staf tingkat satu tim-tim yang menolak vaksinasi harus memberikan alasan valid entah berdasar kepercayaan maupun medis.

Jika tidak, yang bersangkutan akan kehilangan status staf tingkat satu, sehingga tidak diperbolehkan berada di lapangan saat pertandingan dan berada dalam satu ruangan maupun kontak langsung bersama para pemain.

Menyusul pengunduran diri Dennison, Phil Rauscher naik jabatan menjadi pelatih lini ofensif/koordinator run game Vikings.

Baca juga: Tiga pesepak bola Rusia dijatuhi sanksi larangan tampil karena doping
Baca juga: Olimpiade Tokyo pun digelar meski diselimuti kekhawatiran COVID-19

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © 2021