Jakarta () – The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 yang diprakarsai Transvision resmi digelar pada 29-30 Januari 2022 di Danau Tondano dan Kota Manado, Sulawesi Utara, setelah sempat tertunda di tahun 2021.

Event tersebut dibuka oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan diikuti oleh lebih dari 150 pesepeda.

"Transvision berharap kegiatan wisata olahraga melalui The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 ini dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi," kata Direktur Utama Transvision Peter Gontha, dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pada hari pertama, Sabtu, peserta merasakan tantangan bersepeda sejauh 90 kilometer di sekitar Danau Tondano, dengan mengambil start dari Monumen Benteng Moraya.

Rute yang dilalui cukup membangkitkan adrenalin dan peserta disuguhkan keindahan alam saat melewati rute di tepian Danau Tondano yang diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tamp usu, dan Gunung Masarang.

Pada hari kedua, Minggu (30/1) besok, peserta juga bisa menikmati indahnya kota Manado yang dimulai dari Hotel Sintesa Peninsula dengan rute sejauh 50 kilometer.

"Ini adalah rangkaian pertama dari beberapa kegiatan event besar olahraga, musik, broadcasting mulai dari skala nasional dan internasional yang akan dilaksanakan oleh Transvision di tahun ini," kata Peter.

Ajang lintas jenis sepeda itu mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Pemerintah Kota Manado serta Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

Ajang tersebut turut dihadiri oleh beberapa influencer dan pegiat sepeda, lain Doni Tata, Markoneng, Natascha Ule, Ina Rosyied, Jessica Shohan, Arine Fitria, Indy Rachmawaty, dan Angel Cahyadi yang turut serta bersepeda bersama para peserta.

Selain kegiatan di Tondano dan Manado, The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 ini juga diikuti oleh 10 komunitas sepeda di 10 kota dengan total 250 pesepeda di seluruh Indonesia yang akan bersepeda secara virtual dalam rangka memeriahkan ajang tersebut.

Para peserta, baik yang bersepeda langsung maupun secara virtual mendaftarkan diri via aplikasi Virtuathlon.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © 2022