Jayapura () – Serangkaian acara bakal menghiasi upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat.

Mengusung tema "Cahaya dari Timur Papua", upacara pembukaan Peparnas edisi ke-16 ini bakal dimulai pukul 19:00 WIT atau 17:00 WIB dan akan menampilkan konsep berbeda dengan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Kombinasi lampu LED, kembang api, dan yang paling menyita perhatian adalah atraksi 500 drone akan menghiasi langit-langit Bumi Cenderawasih.

Ketua Opening and Closing Ceremony (OCC) Peparnas Papua, Toton Hutomi, mengatakan ratusan drone tersebut didatangkan dari California dan Dubai. Selain itu, pilotnya pun didatangkan dari Eropa dan Singapura.

Artis lokal dan nasional yang turut meramaikan upacara pembukaan pesta olahraga terbesar di Tanah Air untuk atlet disabilitas tersebut.

Sebut saja Anggun, Nowela Mikhelia, dan Edo Kondologit. Tarian dari berbagai daerah pun akan ditampilkan, termasuk dari tuan rumah Papua.

Pada sisi lain, sebanyak 779 aparat gabungan yang terdiri dari Polda Papua, Polres kota Jayapura, dan TNI bakal hadir untuk memastikan keamanan seremoni pembukaan Peparnas Papua.

Mengingat masih dalam situasi pandemi COVID-19, upacara pembukaan Peparnas Papua akan menerapkan protokol kesehatan ketat. PB Peparnas menyediakan undangan bagi VVIP sebanyak 20 kartu, untuk jajaran kementerian dan lembaga 120 kartu serta bagi masyarakat hanya 1.200 kartu saja.

Sedangkan OCC dan pendukung acara lainnya berjumlah sekitar 900-1.000 an orang. Setelah melaksanakan satu kegiatan atau prosesi acara maka yang bersangkutan akan langsung keluar dari lokasi acara pembukaan Peparnas XVI Papua.

PB Peparnas Papua akan memberdayakan penggunaan videotron bagi masyarakat yang tidak bisa masuk ke Stadion Mandala Jayapura.

Baca juga: PB Peparnas berdayakan videotron untuk nonton bareng opening ceremony

Wakil Ketua II PB Peparnas XVI Papua Hans Hamadi mengatakan hal ini dilakukan mengingat pihaknya membatasi orang yang masuk ke Stadion Mandala Jayapura ketika acara pembukaan digelar.

"Jadi juga kami sudah berkoordinasi dengan aparat pemerintah di tingkat bawah yakni kelurahan hingga RT dan RW untuk menggelar nonton bareng bagi warganya supaya dapat menyaksikan opening ceremony Peparnas," katanya.

Menurut Hans, selain akan menggunakan videotron, Kementerian Kominfo juga telah menginstruksikan agar semua siaran televisi dapat menyiarkan upacara pembukaan dan penutupan Peparnas secara langsung.

"Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan massa di lokasi-lokasi pembukaan maupun tempat lainnya," ujarnya.

Peparnas Papua akan secara resmi dibuka Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang telah bertolak dari Jakarta sejak pukul 06:00 WIB.

Baca juga: Wapres bertolak ke Papua buka Peparnas XVI

Ma’ruf Amin diperkirakan tiba di Bandar Udara Sentani Kabupaten Jayapura pada pukul 14.40 WIT.

Wapres dan rombongan akan disambut oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua Ridwan Rumasukun beserta Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Papua.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan menyambut di pintu masuk holding room bandara.

Kemudian Wapres dan rombongan menuju Swiss-Belhotel Jayapura sebelum akhirnya meresmikan pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala.

Baca juga: Prosesi kirab api masuki tahap akhir dan tiba di Stadion Mandala Jumat
Baca juga: Gubernur Papua sambut atlet disabilitas pada "malam baku dapa"

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © 2021