Saya telah membuat keputusan yang sangat sulit untuk tidak bermain di Olimpiade Tokyo

Jakarta () – Petenis putri mantan peringkat satu dunia sekaligus peraih medali emas Olimpiade 2012 Victoria Azarenka memutuskan untuk mengundurkan diri dari Olimpiade Tokyo tahun ini karena khawatir akan pandemi COVID-19.

Azarenka, yang menyabet medali emas ganda campuran bersama Max Mirnyi pada Olimpiade 2012 serta medali perunggu pada nomor tunggal, turut menambah daftar petenis yang sudah lebih dulu mundur dari ajang bergengsi tersebut, dinya Roger Federer, Rafael Nadal, Serena Williams, Dominic Thiem dan Angelique Kerber.

"Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa saya telah membuat keputusan yang sangat sulit untuk tidak bermain di Olimpiade Tokyo," tulis petenis Belarusia berusia 31 tahun itu melalui akun Twitter, dikutip dari AFP, Kamis.

"Saya memiliki banyak kenangan luar biasa ketika memenangkan medali emas saat berkompetisi dan mewakili Belarus pada Olimpiade sebelumnya.

"Tetapi dengan semua tantangan yang kami hadapi terkait pandemi kali ini, saya menyadari dalam hati saya bahwa ini adalah keputusan yang tepat untuk saya dan tim.

"Saya berharap dapat kembali ke Olimpiade 2024 di Paris untuk mewakili Belarusia,” tutupnya.

Meski demikian, Azarenka tidak merinci apakah larangan anggota keluarga untuk memasuki Jepang, termasuk putranya Leo yang berusia empat tahun, merupakan faktor utama yang memicu keputusannya untuk mengundurkan diri.
 

Sementara itu, petenis nomor satu dunia sekaligus juara Wimbledon terbaru Novak Djokovic pada akhir pekan lalu mengaku masih belum dapat memastikan keikutsertaannya dalam Olimpiade Tokyo tahun ini.

Olimpiade Tokyo yang sempat ditunda selama satu tahun karena pandemi COVID-19 itu akan dimulai pada 23 Juli.

Baca juga: Kurang dari 1.000 tamu VIP akan hadiri pembukaan Olimpiade Tokyo
Baca juga: Ini perbedaan Olimpiade Tokyo 1964 dan 2020 dari segi infrastruktur
Baca juga: Data-fakta wabah virus corona di Olimpiade Tokyo

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © 2021