Waduh! TikTok Diblokir di Pakistan, Ini Alasannya

Waduh! TikTok Diblokir di Pakistan, Ini Alasannya

Regulator telekomunikasi Pakistan telah melarang TikTok. Pemerintah setempat mengklaim aplikasi tersebut gagal menghapus konten “tidak bermoral” dan “tidak senonoh”.

Larangan itu datang sebulan setelah regulator, Otoritas Telekomunikasi Pakistan, melarang aplikasi kencan, termasuk Tinder dan Grindr, untuk alasan yang sama.

Sebagaimana melansir laman The Verge, Sabtu (10/10/2020), TikTok telah dipasang 43 juta kali di Pakistan, menurut perusahaan analitik Sensor Tower. Itu menjadikannya pasar aplikasi terbesar ke-12 dalam hal pemasangan. Perusahaan memperkirakan, TikTok telah dipasang 2,2 miliar kali total di App Store Apple dan Play Store Google.

Larangan itu datang hanya beberapa bulan setelah TikTok dihapus di India karena kekhawatiran seputar kepemilikan aplikasi di China.

Baca Juga:
Tolak UU Ciptaker, Creators TikTok Ancam Buka Cewek Simpanan Anggota DPR

Ilustrasi aplikasi TikTok. (pixabay.com/antonbe/13 images)
Ilustrasi aplikasi TikTok. (pixabay.com/antonbe/13 images)

Amerika Serikat masih bergerak untuk melarang TikTok karena masalah yang sama. Larangan itu sendiri saat ini ditangguhkan karena perintah pengadilan, tetapi pembatasan lain akan diberlakukan pada pertengahan November.

TikTok tetap menjadi fenomena budaya meski mendapat tekanan besar dari regulator di seluruh dunia.