Walau Kecil, Jangan Abaikan Tutup Pentil pada Ban Kendaraan

Sebagian besar orang menganggap tutup pentil hanyalah benda kecil sebagai pelengkap ban saja. Pasalnya ketika penutup ini tak sengaja jatuh, tidak akan membuat ban kempes.

Namun demikian, tutup pentil sebenarnya memiliki peran yang cukup penting untuk ban. Lalu apa saja fungsi benda kecil ini atau yang biasa disebut valve. Mengutip laman Suzuki Indonesia, berikut beberapa fungsi penting dari pentil :

  1. Mencegah Masuknya Kotoran atau Benda Asing
    Debu, pasir, benda keras, atau kotoran lainnya yang bisa dijumpai sepanjang perjalanan. Di dalam pentil ban sendiri terdapat beberapa komponen penting.

    Ketika pentil tidak ditutup dan kemasukan kotoran, ini akan berakibat mengotori komponen-komponen penting pada pentil. Salah satu komponen penting tersebut ialah sil karet.

    Ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai penahan angin agar angin di dalam ban tidak bocor atau keluar. Jika sil karet sampai rusak karena kotoran atau benda keras yang masuk ke dalam ban, ini bisa mengakibatkan kebocoran halus.

    Ketika bagian dalam ban terisi kotoran, ini juga bisa menjadi sebuah kesulitan untuk melakukan penambahan atau pengisian angin.

  2. Menjaga Tekanan Angin
    Fungsi lain dari tutup pentil ban motor atau mobil yaitu untuk menjaga tekanan angin dalam ban agar tidak keluar atau bocor. Walaupun tanpa ditutup, angin dalam ban tak akan keluar. Dengan ditutup, ini akan mencegah keluarnya angin saat terjadi tekanan tak terduga.

    Misalnya saat dalam perjalanan, ban kendaraan akan sangat mungkin melindas batu atau benda lain yang membuat roda tertekan. Jika saat demikian pentil tidak memiliki penutup, maka angin dalam ban yang tertekan akan keluar.

    Berbeda saat pentil ditutup, tekanan angin tak akan bisa keluar karena terhalang, sehingga ban tidak kempes. Dengan pentil yang ditutup juga akan mencegah terjadinya rembesan udara dari dalam yang mungkin terjadi.

  3. Mencegah Potensi Ban Pecah
    Tak hanya untuk menjaga tekanan angin dalam ban, pentil perlu ditutup agar terhindar dari kemungkinan ban pecah. Saat kendaraan digunakan untuk melaju di jalanan, perlu tekanan ban yang ideal. Jika tekanan udara pada ban berkurang, ini akan membuatnya menjadi tidak stabil.

    Kondisi yang demikian bisa membahayakan pengendara. Pasalnya, dalam kondisi tersebut kawat penyangga pada ban akan bekerja lebih guna menahan beban ekstra yang disebabkan tekanan udara berkurang. Jika kondisi tersebut dibiarkan saja atau tak kunjung disadari, kawat akan putus dan membuat ban pecah atau benjol.

  4. Mencegah Kemasukan Air
    Tutup pentil mobil dan motor juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk mencegah masuknya air pada ban. Pada bagian dalam ban terdapat bahan logam yang akan berkarat atau mengalami korosi ketika bersentuhan langsung dengan air. Korosi ini bisa terjadi pada katup yang kemudian membuatnya mengalami kebocoran.