Waspada Bercak Hitam pada Ketiak, Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes Tipe 2

Waspada Bercak Hitam pada Ketiak, Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes Tipe 2


Diabetes adalah kondisi umum yang menyerang lebih dari 4 juta orang di Inggris. Sebanyak 90 persen dari semua kasus disebabkan oleh diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 bisa disebabkan oleh tubuh yang tidak memproduksi cukup hormon insulin atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Tanpa hormon yang cukup, tubuh bekerja lebih keras untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang bisa digunakan beraktivitas.

Adapun gejala diabetes tipe 2 dilansir oleh Express, meliputi penurunan berat badan tanpa penyebab, kelelahan dan mengeluarkan lebih banyak urine dari biasanya.

Tapi, salah satu tanda peringatan utama diabetes adalah mengembangkan kondisi kulit yang cukup umum, biasanya dikenal sebagai acanthosis nigricans.

Ilustrasi diabetes (shutterstock)
Ilustrasi diabetes (shutterstock)

Kondisi ini akan menyebabkan seseorang dengan diabetes tipe 2 memiliki bercak-bercak gelap di kulit pada beberapa bagian tubuh.

Bercak gelap ini cenderung muncul di lipatan kulit, seperti ketiak, leher atau belakang lutut Anda. Selain itu, kulit mungkin akan terasa sedikit berbeda dari bagian tubuh lain.

Bercak gelap sebagai tanda diabetes dan penuaan pun berbeda. Bercak gelap di kulit sebagai tanda diabetes biasanya menimbulkan rasa gatal.

Sebenarnya acanthosis nigricans ini tidak berbahaya, tetapi bisa menunjukkan tanda diabetes tipe 2 atau masalah tiroid.

Menurut Diabetes.co.uk, gejala diabetes tipe 2 akan sering berkembang secara bertahap dan mungkin tidak selalu menunjukkan gejala pada tahap sebelumnya. Acanthosis nigricans adalah kondisi kulit yang relatif umum sebagai salah satu gejala diabetes.

Tanda-tanda acanthosis nigricans juga sangat khas, yakni menyebabkan penggelapan kulit di sekitar lipatan, termasuk jari-jari tangan atau kaki.

Jika kulit terlihat semakin gelap, maka kulit akan semakin terasa kasar, gatal dan mungkin berbau. Karena itu, Anda harus konsultasi dengan dokter bila menemukan bercak hitam pada kulit sesuai ciri-ciri tersebut.