Waspada Jari Berwarna Merah Keunguan, Bisa Jadi Tanda Virus Corona Covid-19

Waspada Jari Berwarna Merah Keunguan, Bisa Jadi Tanda Virus Corona Covid-19


Gejala virus corona Covid-19 memengaruhi setiap orang dengan cara berbeda. Tapi umumnya, gejala virus corona Covid-19 meliputi batuk persisten, demam tinggi dan sesak napas.

Saat ini wabah virus corona Covid-19 diketahui telah meenginfeksi lebih dari 5 juta orang di dunia. Para ahli pun terus menemukan gejala-gejala aneh dari virus mematikan tersebut.

Orang yang tergolong berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 mungkin akan mengalami tanda-tanda berupa jari-jari yang berubah warna.

Beberapa pasien virus corona Covid-19 melaporkan bahwa mereka mengalami perubahan warna ekstrem pada jari-jarinya.

Jari-jari mereka berubah warna menjadi merah atau ungu gelap ketika terinfeksi virus corona Covid-19. Namun, perubahan ini lebih cenderung terjadi pada jari kaki daripada jari tangan.

Ilustrasi jari. (Pixabay)
Ilustrasi jari. (Pixabay)

Bila Anda mengalami perubahan warna jari-jari tanpa alasan jelas, Anda harus segera mengonsultasikannya pada dokter. Karena, perubahan warna itu bisa berkaitan dengan virus corona Covid-19.

“Virus corona Covid-19 memengaruhi orang dengan cara yang berbeda. Kebanyakan orang yang terinfeksi akan mengembangkan penyakit ringan sampai sedang dan sembuh tanpa perawatan medis,” kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dikutip dari Express.

WHO juga mengatakan gejala virus corona Covid-19 yang tidak umum meliputi sakit kepala, kehilangan rasa atau bau, ruam pada kulit atau perubahan warna jari tangan dan kaki.

Perubahan warna pada jari-jari tangan dan kaki lebih mungkin disebabkan oleh virus corona Covid-19, bila disertai gejala umum lainnya.

Bila Anda mengalami perubahan warna jari tangan dan kaki disertai gejala mirip virus corona Covid-19 lainnya, lebih baik mengisolasi mandiri di rumah sampai gejala mereda.