Jakarta () – Pecatur pelatnas SEA Games 2021 IM Yoseph Theolifus Taher tampil sebagai juara Turnamen Catur Online Nasional memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-75, yang berakhir Senin dini hari.

Dari delapan babak yang dimainkan, Taher menempati puncak klasemen dengan raihan 7,0 poin. Ia unggul dari pecatur terbaik Indonesia saat ini Susanto Megaranto yang harus puas menjadi runner up dengan capaian 6,5 poin. Sementara tempat ketiga diisi Catur Adi Sagita yang mengumpulkan 6,0 poin.

Turnamen yang diikuti oleh 1.205 peserta dari total 1.580 peserta yang terdaftar itu berlangsung dalam dua babak. Babak penyisihan dimulai pukul 14.00 WIB dengan menggunakan sistem pertandingan Arena 120 menit, dan 75 peringkat teratas berhak maju ke babak final.

Kemudian babak final yang dimulai pukul 20.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB menggunakan sistem pertandingan Swiss 8 Babak. IM Yoseph Taher yang mewakili Papua itu pun tampil sebagai juara, dibuntuti oleh GM Susanto Megaranto dari Jawa Barat di peringkat kedua dan Catur Adi Sagita dari Jawa Timur menempati peringkat ketiga.

Menurut Ketua Pelaksana turnamen Henry Hendratno, banyak peserta yang sudah terdaftar namun tidak ikut bertanding dan akhirnya lebih memilih untuk menikmati pertandingan.

“Sekitar 375 peserta lainnya memilih untuk menonton lewat platform Lichess, sebagian karena terlambat dan sebagian lagi mungkin ‘keder’ (heran) karena peserta kali ini diikuti para pecatur unggulan Indonesia, seperti GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro, IM Yoseph Taher dan banyak lagi,” kata Henry yang juga Sekretaris Jenderal PB PERCASI itu.

Turnamen yang dibuka oleh Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol. Dedi Prasetyo itu menyediakan total hadiah babak penyisihan Rp17.000.000 untuk 75 peringkat teratas, dan total hadiah babak final Rp8.000.000 untuk 20 peringkat teratas.

Dalam sambutannya melalui video daring, Irjen Pol. Dedi Prasetyo menekankan agar semua peserta bertanding dengan semangat sportifitas tinggi dan selalu mengikuti protokol kesehatan di masa PPKM darurat yang mulai diberlakukan di pulau Jawa dan Bali.

Sementara itu, penggagas sekaligus sponsor turnamen H Agustiar Sabran yang merupakan anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah itu mengaku gembira dengan antusiasme para peserta.

“Di masa pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir, ternyata para pecatur Indonesia tetap bersemangat untuk bertanding secara online tanpa melanggar protokol kesehatan. Insya Allah saya akan menyelenggarakan lagi turnamen catur online serupa pada kesempatan mendatang.” ujar Agustiar Sabran.

Baca juga: Percasi Lampung bertekad sumbang medali PON Papua 
Baca juga: Indonesia tambah satu wakil ke Piala Dunia Catur 2021 
Baca juga: Susanto raih tiket ke Piala Dunia Catur 2021 

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2021