Jakarta () – ZZ Stable melalui Steven Menayang dan kuda bernama Allright mempertahankan trofi pada nomor paling bergengsi, yakni eventing dalam kejuaraan berkuda bertajuk Aragon Kavaleri (Arakov) Cup 2022.

Dalam ajang yang berlangsung di Kawasan Kesatrian Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud), Pusat Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav), Parongpong, Bandung Barat, 20-23 Januari lalu itu, ZZ Stable juga menempatkan wakil lainnya, yakni Jamal Mewengkang di posisi ketiga pada nomor yang sama.

Dengan kemenangan tersebut, Steven berhak atas piala bergilir Danpusenkav Cup. Rohalia Kharisma Zein sebagai Owner ZZ Stable mengaku puas dengan hasil yang ditorehkan para atletnya. Menurut dia, di Indonesia belum terlalu banyak kuda dan rider yang mampu menguasai ketiga course sekaligus, yakni dressage, jumping dan crosscountry.

"Pada ajang Arkav Cup 2022 di kelas eventing, ada sekitar 20 peserta. Dari ZZ Stable, kami mengirimkan tiga atlet dan tiga kuda, yaitu Steven Menayang dengan kuda Allright, Alvaro Menayang dengan kuda Donitri dan Jamal Mewengkang dengan kuda Riga," kata Rohalia dalam keterangan resminya, Rabu.

"Tahun ini, ZZ Stable bisa mempertahankan piala bergilir Danpusenkav Cup. Kalau tahun sebelumnya Alvaro dengan kuda Donitri yang menjadi juara, tahun ini melalui Steven dengan kuda Allright, disusul dengan Jamal bersama kuda Riga di peringkat ketiga," tambahnya.

Arkav Cup 2022 yang bergulir sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka hari ulang tahun ke-72 Kavaleri Angkatan Darat memecahkan rekor peserta terbanyak pada level kejuaraan berkuda level nasional.

Terdapat 42 stable dari berbagai daerah yang turut serta dengan total entry 797 dan ada 315 rider, termasuk didalamnya para atlet militer Kavaleri di berbagai kelas yang diperlombakan.

"Arkav Cup 2022 sudah berjalan lancar dan sukses. Meskipun di tengah pandemi COVID-19, antusiasme para penggemar dan pelaku olahraga equestrian sangat baik. Terlihat dari jumlah peserta yang meningkat sekitar 60 persen dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," tutur Rohalia.

"Terima kasih untuk Aragon stable, Aragon horsefeed dan Denkavkud sebagai penyelenggara event Arkav Cup 2022," pungkasnya. 

Baca juga: PP Pordasi temui Menpora sampaikan persiapan tahun 2022 
Baca juga: Tim berkuda DNV Equestrian siap hadapi kompetisi musim 2022 

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2022