Tingkat Hipotek Di Atas 7% Di Tengah Kekhawatiran Inflasi

mortgage rates
  • Inflasi Agustus Melampaui Ekspektasi, Memicu Kenaikan Suku Bunga
  • Permintaan Pembeli Rumah Menurun, Persediaan Menurun
  • Para Ahli Menimbang Langkah Selanjutnya Fed

Data Freddie Mac menunjukkan bahwa suku bunga tetap 30 tahun telah naik dari 7,12% minggu sebelumnya menjadi 7,18%. Ini menandai minggu kelima berturut-turut suku bunga melonjak di atas 7%. Dengan keputusan suku bunga mendatang Federal Reserve, pasar mengantisipasi suku bunga ini dapat bertahan.

Tantangan untuk Pembeli Rumah Semakin Meningkat

Calon pemilik rumah menghadapi tantangan ganda dari suku bunga yang meningkat dan persediaan yang terbatas. Keith Gumbinger, Wakil Presiden HSH.com, mengatakan, “Tidak banyak alasan untuk mengharapkan perubahan yang lebih baik dalam waktu dekat sejauh suku bunga hipotek.”

Bob Broeksmit, CEO Asosiasi Bankir Hipotek, menyoroti bahwa “suku bunga hipotek tinggi terus menekan permintaan peminjam,” yang menyebabkan penurunan aplikasi hipotek yang mengingatkan pada tingkat tahun 1996. Pemilik rumah saat ini enggan mendaftarkan properti, mengingat mereka mungkin menukar suku bunga hipotek saat ini yang menguntungkan dengan suku bunga yang lebih tinggi.

Volume Penjualan Stagnan

Altos Research melaporkan penurunan 14% dalam penjualan baru dibandingkan dengan minggu Hari Buruh tahun lalu, dan penurunan signifikan dari tingkat September 2021. Mike Simonsen dari Altos Research berkomentar, “Tidak ada cara menghindarinya. Pasokan terbatas, permintaan terbatas.”

Harga Rumah Tetap Tinggi di Tengah Persediaan Rendah

Meskipun ada penurunan permintaan, harga rumah median berada di $444.990 untuk minggu yang berakhir 11 September. Harga rumah baru yang terdaftar rata-rata $390.000, mencerminkan angka tahun lalu.

Sikap Anti-Inflasi Fed Memengaruhi Suku Bunga

Daryl Fairweather, kepala ekonom Redfin, menunjuk inflasi sebagai kekuatan pendorong di balik melonjaknya suku bunga hipotek. Departemen Tenaga Kerja AS menegaskan peningkatan 0,6% dalam tingkat inflasi untuk Agustus, menempatkan tingkat tahunan di 3,7%, di atas target Fed 2%.

Semua mata tertuju pada pertemuan kebijakan penetapan suku bunga Federal Reserve yang akan datang. Gumbinger mengomentari, “Saat ini, lebih tentang apa yang harus dikatakan Fed… daripada apakah kenaikan kecil lain dalam suku bunga akan datang atau tidak.”