5 Negeri Kece Badai, Sebar Vaksin Corona Gratis ke Warga

A woman walks by the empty Tuileries gardens in the center of Paris, Friday, Oct. 30, 2020. France re-imposed a monthlong nationwide lockdown Friday aimed at slowing the spread of the virus, closing all non-essential business and forbidding people from going beyond one kilometer from their homes except to go to school or a few other essential reasons. (AP Photo/Lewis Joly)

Jakarta, – Empat negara dunia ini berjanji akan memberikan vaksin corona (Covid-19) secara gratis untuk warganya. Setelah Jepang, Belgia, dan Arab Saudi, Prancis juga mengumumkan hal senada.

Vaksin corona gratis juga sudah diputuskan Hong Kong. Wilayah teritori China tersebut telah mengalokasikan miliaran untuk menjamin vaksin sampai ke semua masyarakat.

Baca:

Trump Makin Menggila, Ini 4 ‘Neraka Terakhir’ Buat China

Berikut lengkapnya:

1.Prancis

Vaksinasi terhadap Covid-19 di Prancis akan dimulai Januari 2021. Pemerintah sudah mulai membuat skema.

Perdana Menteri Jean Castex mengatakan awalnya vaksin akan diberikan ke satu juta lansia. Di Februari, vaksin akan diberi ke 14 juta orang lainnya yang berisiko.

“Prancis akan memiliki potensi 200 juta dosis, yang akan memungkinkan 100 juta orang divaksinasi,” katanya dikutip AFP, Jumat (4/12/2020) seraya menyebut akan diperlukan dua suntikan untuk masing-masing warga dalam jarak beberapa minggu.

Kampanye juga akan dioptimalkan ke masyarakat jika otoritas kesehatan Uni Eropa dan Prancis telah menyetujui penggunaan vaksin. Mengingat berdasarkan survei penduduk negeri ini skeptis dengan vaksin, di mana hanya 41% warga dari tottal 67 juta yang bersedia diinokulasi.

Strategi pemerintah juga akan dipresentasikan ke parlemen. Sebelumnya, pemerintahan Presiden Emmanuel Macron sudah menyisihkan 1,5 Juta Euro untuk vaksinasi dalam anggaran tahun depan.

Baca:

Vaksin Pfizer Ampuh Bikin Negeri ‘John Bull’ Keluar Resesi?