Jakarta () – Setelah 70 tahun, perjalanan panjang karir konser penyanyi Tony Bennet akhirnya berhenti.

Mengutip Deadline pada Sabtu, putra Bennett, Danny Bennett, manajernya selama lebih dari 40 tahun, membatalkan sisa jadwal turnya pada Kamis (12/8). Dia mengatakan pada hari Jumat (13/8) bahwa dua pertunjukan terakhir Bennett dengan Lady Gaga di Radio City Music Hall, New York akan menjadi penutupan bagi karirnya.

Awal tahun ini, keluarga Bennett mengungkapkan bahwa pemenang Grammy 19 kali itu didiagnosis menderita demensia pada 2016.

Anak Bennett mengatakan keputusan pensiun merupakan anjuran dari dokter, meski Danny mengakui bahwa ayahnya masih mampu tampil pada usia 95 tahun.

Langkah itu dilakukan untuk menghindari jatuh atau kecelakaan di atas panggung. Menurut AARP The Magazine, Bennett itu jarang berbicara, dan ketika melakukannya, kata-katanya terhenti dan tampak kebingungan.

Bennett akan selalu dikenal karena lagu khasnya, "I Left My Heart In San Francisco". Lagu tersebut menghabiskan 21 minggu di tangga lagu Billboard Hot 100 pada tahun 1962.

Baca juga: Penyanyi Tony Bennett didiagnosis Alzheimer

Hit lainnya termasuk "Because of You" tahun 1951 dan hit nomor 1 tahun 1953, "Rags to Riches", hit nomor 2 "Stranger in Paradise" dan There’ll Be No Teardrops Tonight" yang masuk 10 besar di 1954.

Karir Bennett bangkit kembali pada 1990-an. Dia muncul di MTV Video Music Awards 1993 saat mempersembahkan piala untuk Red Hot Chili Peppers, setelah itu pada tahun 1994 dengan MTV Unplugged yang fokus pada duetnya dengan k.d. lang dan Elvis Costello.

Penampilannya tersebut menghasilkan album "MTV Unplugged: Tony Bennett", yang memenangkan Grammy untuk Best Traditional Pop Vocal Performance Grammy dan Album of the Year.

Tahun lalu, ia menerbitkan "The Playground" dan otobiografinya, "The Good Life". Dia juga akan merilis album duet keduanya bersama Lady Gaga "Love for Sale" pada 1 Oktober mendatang.

Baca juga: Duet Lady Gaga-Tony Bennet hentak Festival Jazz Montreux

Baca juga: Lady Gaga dan Tony Bennett akan rilis album kolaborasi kedua

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2021