Jakarta () – Anggota grup kuartet Il Divo, Carlos Marin meninggal dunia pada Minggu (19/12) waktu setempat akibat komplikasi COVID-19 dalam usia 53 tahun, dilansir Variety, Selasa.

Setelah merasa sakit, Marin dibawa ke Unit Perawatan Intensif Rumah Sakit Royal Manchester saat tur di Inggris pada 8 Desember.

Kematiannya diumumkan pada hari Minggu (19/12) oleh Il Divo melalui akun Twitter grup tersebut.

"Dengan berat hati kami memberi tahu kalian bahwa teman dan mitra kami, Carlos Marín, telah meninggal dunia. Dia akan dirindukan oleh teman, keluarga, dan penggemarnya," tulis Il Divo.

"Selama 17 tahun, kami berempat telah melakukan perjalanan Il Divo yang luar biasa ini bersama-sama, dan kami akan merindukan teman tersayang kami," lanjutnya.

Il Divo dibentuk pada tahun 2003 oleh Simon Cowell untuk label Sony Music Synco. Mereka memiliki konsep kuartet gaya Three Tenors yang membawakan cover lagu dengan musik yang berada di opera dan pop.

Dengan penampilan rapi yang sebagian besar bersetelan Giorgio Armani, penyanyi grup datang dari seluruh dunia yakni Urs Bühler adalah seorang tenor Swiss, Marín seorang Spanyol kelahiran Jerman, David Miller seorang tenor Amerika, Sébastien Izambard seorang penyanyi pop Prancis.

Baca juga: Il Divo Raih Penghargaan Klasik BRIT

Dalam sebuah pernyataan emosional pada hari Senin (20/12), Cowell mengatakan bahwa dia sangat sulit mengungkapkan perasaannya lewat kata-kata.

"Saya sangat sedih Carlos Marin telah meninggal dunia. Dia mencintai kehidupan. Dia suka tampil dan selalu sangat menghargai para penggemar yang mendukung grup sejak hari pertama. Istirahatlah dalam damai Carlos. Aku akan merindukanmu," kata Cowell.

Membawakan lagu dalam bahasa Inggris ("Mama"), Spanyol ("La vida sin amor"), Italia ("Senza Parole"), Prancis ("Le Temps des Cathedrales"), Jepang ("Furusato") dan Latin ("Panis Angelicus"), grup ini merilis 10 album studio "Il Divo" tahun 2004 dan "Once in My Life: A Celebration of Motown" tahun ini, serta kompilasi, "Greatest Hits" tahun 2012.

Marín telah mencapai kesuksesan besar sebelum bergabung dengan Il Divo, membuat rekaman pertamanya, "El pequeño Caruso" pada usia delapan tahun, bernyanyi dengan Montserrat Caballé dan tampil dalam produksi panggung termasuk "Les Misérables", "Beauty and the Beast" dan "Grease".

Dia menikah dengan penyanyi kelahiran Prancis Geraldine Larrosa, dikenal dengan nama panggung Innocence hingga 2009. Marin juga merilis album solo, "Portrait" pada 2020.

Baca juga: Astro UB40 meninggal dunia di usia 64 tahun

Baca juga: Pendiri grup UB40, Brian Travers meninggal dunia

Baca juga: Ronald Bell, musisi muslim pendiri Kool & the Gang meninggal dunia

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021