Awas Gelombang Kedua COVID-19, Wall Street Merah Lagi

Awas Gelombang Kedua COVID-19, Wall Street Merah Lagi

Jakarta, –¬†Bursa saham AS, Wall Street, kembali ke zona merah pada penutupan perdagangan Selasa (12/5/2020). Risiko akan semakin massif-nya penyebaran corona (COVID-19) karena rencana pembukaan kembali ekonomi AS menjadi penyebab,

Belum lagi kekhawatiran akan perang dagang. Sebelumnya, pada Senin, Presiden AS Trump sempat berujar tak tertarik lagi melakukan negosiasi dagang dengan China.

Baca:

Pasar Pantau Relaksasi Lockdown, Wall Street Dibuka Menguat




Indeks utama seperti Dow Jones turun 1,9% menjadi 23.764,78. Sementara S&P 500 turun 2,1% ke 2.870, 12 dan Nasdaq turun 2,1% ke 9.002,55.

“Pembukaan kembali momentum yang masih berlanjut, Tapi ketakutan terhadap wabah baru tetap tinggi,” kata analis Edward Moya di perusahaan perdagangan mata uang online Oanda, dikutip dari AFP.

Mengutip data US Centers for Disease Control and Prevention, jumlah kasus corona di Negeri Paman Samm per 11 Mei adalah 1.324.488. Naik dibandingkan posisi per hari sebelumnya yaitu 1.300.696.

Saat ini, sejumlah negara bagian sudah mulai memperbolehkan warga untuk kembali berkegiatan meski dibatasi. Pabrik-pabrik-pabrik mulai beroperasi lagi meski dengan jumlah karyawan yang belum 100%.

AS dihadapkan kepada masalah pelik. Di satu sisi penyebaran virus corona masih terjadi, meski dalam tren yang melambat. Namun di sisi lain angka pengangguran melonjak akibat social distancing. Pada April, tingkat pengangguran mencapai 14,7%, tertinggi sejak Perang Dunia II.

[Gambas:Video ]

(sef/sef)