Bank Mandiri Masuk Jajaran World’s Best Bank 2020

Bank Mandiri Masuk Jajaran World's Best Bank 2020

Jakarta,  – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) terpilih menjadi salah satu bank terbaik di dunia 2020 (World’s Best Bank 2020) versi Global Finance.

Bank Mandiri mengalahkan ratusan bank dari Indonesia dan bersanding dengan para bank jawara di wilayah Asia Pasifik, seperti DBS Singapura, SMBC Jepang dan Commonwealth Bank dari Australia.

Baca:

Bank Mandiri Rampungkan Penerbitan EMTN Rp 7,5 T di Singapura

Dalam pernyataannya, Global Finance menyatakan bank-bank di Asia Pasifik membukukan kinerja stabil yang berakar pada bantalan modal yang besar dan biaya kredit yang rendah




Faktor lain adalah pendanaan sebagian besar dari simpanan daripada pasar modal dan kemauan untuk memenuhi tantangan digitalisasi dengan inovasi.

“Bank-bank di Asia Pasifik berada dalam posisi yang baik, dan kami percaya bahwa setelah krisis, bank-bank berperingkat tinggi di Asia akan kembali ke profitabilitas dan terus mendapat peringkat tinggi,” kata Graeme Knowd, Direktur Pelaksana di Moody’s Financial Institutions Group di Hong Kong, dalam pernyataan resminya.

Dalam analisisnya, Global Finance menyatakan faktor yang mengesankan dari Bank Mandiri adalah kenaikan 10% dalam pendapatan bersih dan aset konsolidasi pada 2019, sementara rasio kredit bermasalah (NPL/non performing loan) gross turun 40 bps (basis poin) menjadi 2,4%

Baca:

Bank Mandiri Restrukturisasi Kredit Nasabah Senilai Rp 46 T

Selain itu, Bank Mandiri juga berhasil menerbitkan global MTN (medium term notes, surat utang jangka menengah) terbesar yang pernah dicapai oleh bank di Indonesia pada tahun lalu, yakni senilai US$ 750 juta atau Rp 11,25 triliun (asumsi Rp 15.000/US$). Pada Mei tahun ini, diterbitkan kelanjutan MTN tersebut yakni sebesar US$ 500 juta atau Rp 7,5 triliun.

Selanjutnya, Bank Mandiri juga dianggap mengejar program digitalisasi yang bergerak cepat. Bank Mandiri juga mampu melakukan sinergi dengan anak perusahaan di berbagai bidang seperti perbankan syariah, multifinance, asuransi dan ceruk perbankan.

Global FinanceFoto: Global Finance

[Gambas:Video ]

Baca:

PNS Sri Mulyani Bisa Kerja dari Mana Saja, Gaji & Tukin Tetap

(hps/hps)