Cara Merebut Akun Facebook dan Instagram yang Diretas

Figurines are seen in front of the Facebook logo in this illustration taken March 20, 2018. REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, – Kemajuan teknologi bukan hanya menciptakan kemudahan, namun juga potensi kejahatan siber. Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan kabar data pengguna Facebook telah dicuri hacker, hal ini tentunya mengkhawatirkan karena ada sejumlah informasi pribadi yang penting di dalamnya.

Lalu bagaimana jika hacker telah mengambil alih akun media sosial Anda?

Baca:

Pesan Khusus Bareskrim Polri, Abaikan Pesan WhastApp Ini

Instagram

Demi mengambil alih akun yang telah diretas, Facebook dan Instagram mengeluarkan sejumlah pembaruan fitur untuk mengamankan akun. Uji coba dilakukan Instagram untuk memudahkan pengguna mengambil alih akun mereka yang diretas.

Dikutip dari detikcom, Instagram dapat mendeteksi bahwa pengguna memiliki kesulitan untuk masuk ke dalam akun Instagram. Misalnya, pengguna berulang kali memasukkan password yang salah.

Kemudian, pengguna bisa melakukan tap pada ‘Masalah login?’ pada halaman ‘Lupa kata sandi?’.

Jika dua kondisi ini terpenuhi, Instagram kemudian akan meminta pengguna memasukkan beberapa informasi personal, seperti alamat email dan nomor telepon yang terasosiasi dengan akun Instagram mereka, atau alamat email maupun nomor telepon yang mereka gunakan saat mendaftar Instagram.

Baca:

Cek! Ini 3 Cara Amankan Data Kamu Dari Hacker di WhatsApp

Setelah itu, Instagram akan mengirimkan kode 6 angka ke kontak informasi yang pengguna pilih. Dengan begitu, sehingga memungkinkan mereka untuk mengambil alih kembali akses akunnya.

Ketika mereka telah berhasil mengakses akunnya, Instagram akan mengambil beberapa upaya tambahan untuk memastikan agar peretas tidak dapat menggunakan kode yang dikirimkan ke alamat email maupun nomor telepon pengguna untuk mengakses akun dari perangkat yang berbeda.

Facebook

Jika merasa akun Anda diretas atau diambil alih, pengguna mengunjungi https://www.facebook.com/hacked untuk mengamankan akun. Facebook akan meminta Anda mengubah kata sandi dan meninjau aktivitas login terakhir.

Dalam halaman resminya, Facebook menuliskan tanda akun sudah diretas jika ada aktivitas email atau kata sandi berubah, nama atau tanggal lahir berubah.

Kemudian, permintaan pertemanan dikirimkan kepada orang yang tidak Anda kenal, mengirim pesan yang tidak Anda tulis, terdapat postingan yang tidak Anda buat. Pengguna juga bisa meninjau fitur dan tips ini untuk membantu menjaga keamanan akun.

Jika email yang terhubung dengan akun Facebook berubah, pengguna bisa memulihkan perubahan ini. Ketika email diubah, Facebook akan mengirimkan pesan ke akun email lama berisi tautan khusus. Dengan begitu pengguna bisa mengklik tautan ini untuk memulihkan perubahan email dan mengamankan akunnya.

[Gambas:Video ]

(dob/dob)