Jakarta () – Musisi Fabio Asher membagikan kisahnya memanfaatkan digitalisasi untuk mengorbitkan karyanya "Bertahan Terluka" yang kini telah mencetak prestasi menduduki berbagai tangga lagu layanan digital streaming.

Berawal dari kegiatan awalnya sebagai kreator konten di TikTok, Fabio melihat potensi dirinya sebagai musisi untuk menerbitkan karya melalui platform tersebut.

"Peluang menggunakan TikTok untuk mempopulerkan seseorang itu sangat besar. Banyak juga yang pakai platform TikTok untuk promosi musik. Dari situ aku termotivasi untuk rilis lagu," kata Fabio dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Beruntung pada saat dirinya akan merilis karyanya itu, muncul platform yang terintegrasi dengan TikTok yaitu SoundOn untuk membantunya dalam perencanaan pendistribusikan karya- karya Fabio.

Jebolan ajang pencarian bakat X-Factor itu pun mengaku berbagai cara ia jajal di media sosial untuk menggaet penggemar lebih banyak mendengarkan single debutnya sebagai penyanyi profesional di Tanah Air.

"Live streaming (mempromosikan 'Bertahan Terluka') sambil mati lampu pun aku jalanin karena memang ini caranya untuk membuat karya aku dikenal lebih banyak orang," kata Fabio.

Dengan pengikut berjumlah 200 ribu lebih di akun TikToknya dan berbagai konten promosinya, Fabio akhirnya bisa berhasil mengenalkan bahkan mempopulerkan karyanya "Bertahan Terluka" dan membuatnya menempati posisi di tangga lagu nasional di berbagai layanan digital streaming.

Ia pun memberikan kiat kepada musisi pemula atau independen yang juga akan memanfaatkan layanan digital untuk merilis lagunya.

"Pastiin bisa konsisten dalam berkarya, jangan takut lagunya gak populer. Bikin karya yang bagus, lakukan yang terbaik. Karena karya yang baik pasti akan disukai banyak orang," ujar Fabio.

"Bertahan Terluka" dirilis pada Februari 2022, lagu itu menuai prestasi dengan menempati posisi pertama pada Playlist "Viral 50 Global" di Spotify dan "Top 100: Indonesia" di Apple Music.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2022