Jakarta () – Ajang "Dare To Be The Next Superstar" (DTBTNS) kembali hadir di tahun 2022, sejumlah musisi dan seniman virtual ternama pun akan menjadi jurinya.

Acara yang diselenggarakan oleh Supermusic ini mencari musisi muda dan seniman visual berbakat tanah air. Vokalis The Sigit Rekti Yoewono hingga Oom Leo Berkaraoke akan menjadi juri di musim kedua ini dengan total hadiah hingga Rp450 juta.

Perwakilan Supermusic, Nathaniel W Utomo mengatakan DTBTNS Musim 2 diselenggarakan sebagai jawaban atas tingginya animo peserta di ajang yang sama tahun lalu, yaitu hampir mencapai seribu pendaftar.

Bukan hanya sekadar ajang pencarian bakat, menurut Nathan, DTBTNS Musim 2 dirancang menjadi wadah aspirasi, sarana komunikasi dan berekspresi bagi seniman-seniman muda, khususnya di bidang musik dan visual art.

"Ajang Dare To Be The Next Superstar merupakan 'radar' dari Supermusic untuk mengorbitkan talenta-talenta muda berbakat di bidang musik dan visual art Indonesia, yang sebagian besar belum terekspos dan menemukan pasarnya," ujar Nathan melalui keterangan resminya dikutip Rabu.

Menurut Nathan, DTBTNS Musim 2 akan bergulir di dua kategori yakni kategori musik dan kategori visual art. Supermusic menempatkan sosok-sosok kompeten dan populer di bidangnya masing-masing.

Untuk lineup juri di kategori musik diisi oleh musisi & vokalis Rekti Yoewono, penata musik Ronald Steven, dan pegiat musik & bisnis Nadia Yustina. Sedangkan kategori art diisi oleh jajaran seniman visual dan ilustrator papan atas yaitu Oom Leo, Popo Mangun, Hana Madness, Bunga Fatia, dan Streoflow.

Di musim kedua ini, kategori visual art memiliki lima juri yang berasal dari disiplin seni rupa yang berbeda-beda. Ini didasari perkembangan seni visual yang pesat dan dinamis, sehingga perspektif penilaian juri kami harap bisa lebih luas.

"Sedangkan di kategori musik, panel juri diisi oleh sosok-sosok yang mewakili kompetensi dari sisi musisi, music arranger, dan praktisi industri," jelas Nathan.

Pentolan band The Sigit Rekti Yoewono yang kembali didapuk sebagai juri kategori musik, menilai Dare To Be The Next Superstar (DTBTNS) Musim 2 bakal lebih menarik dan penting untuk diikuti oleh musisi-musisi muda yang belum berhasil mengorbit ke permukaan.

Menurutnya, ini bisa menjadi jembatan bakat-bakat terpendam untuk menampilkan karya-karya mereka dan lebih dikenal publik secara luas.

"Di DTBTNS tahun lalu saya dipertemukan dengan talenta muda yang andal dan terbukti juga kalau peserta tahun lalu juga sudah ada yang mulai aktif berkarir dan mulai mendapatkan perhatian dari penyuka musik yang sesuai target market mereka masing-masing," kata Rekti.

Proses pendaftaran dibuka mulai 17 Januari hingga 28 Februari 2022. Setelah itu akan berlanjut ke tahap penjurian (kurasi, coaching, final) dan diakhiri dengan eksplorasi pemenang.

Pada proses penjurian, nantinya para juri di setiap kategori akan memilih karya terbaik dari para peserta yang dinyatakan layak untuk menjadi pemenang. Setiap dewan juri memiliki kriteria penilaian masing-masing.

"Sebenernya enggak ada kriteria yang spesifik untuk karya. Namun setidaknya mereka wajib tahu tentang metode penciptaan karya yang baik dan bijak, serta dapat menjawab segala hal yang berkaitan dengan 5W+1H," ujar Oom Leo.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Dare To Be The Next Superstar Musim 2 dapat dilihat melalui laman Instagram resmi @supermusic_id.

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2022