Jakarta () – Penyanyi rapper Travis Scott buka suara setelah delapan penonton tewas dan ratusan lainnya terluka dalam kekacauan massa yang pecah saat pembukaan festival musik Astroworld di Houston, Amerika Serikat pada Jumat malam (5/11) waktu setempat.

“Saya benar-benar merasa hancur dengan apa yang terjadi tadi malam. Doa saya untuk keluarga dan semua yang terkena dampak dari apa yang terjadi di Festival Astroworld,” tulis rapper berusia 29 tahun itu melalui akun Twitter-nya dikutip hari ini.

Scott melanjutkan pihaknya berkomitmen untuk memberi dukungan penuh atas penyelidikan yang tengah berlangsung Departemen Kepolisian Houston serta memberi dukungan atas pemulihan keluarga korban.

Mengutip laporan ET, sebelumnya Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Houston Sam Pena pada Jumat malam memberi konfirmasi dalam konferensi pers mengenai delapan penonton yang tewas.

Pena juga mencatat bahwa 300 penonton konser dirawat di rumah sakit, sementara 17 orang, termasuk 11 orang yang mengalami serangan jantung, telah dibawa ke rumah sakit setempat.

“Sekitar pukul 09.15 atau 21.15, massa mulai memadat ke arah depan panggung sehingga menimbulkan kepanikan dan menimbulkan korban luka-luka. Orang-orang mulai jatuh dan tidak sadarkan diri, dan itu menciptakan kepanikan tambahan. Orang-orang terluka,” kata Pena.

Asisten Kepala Eksekutif Polisi Houston Larry Satterwhite menambahkan bahwa tragedi itu sepertinya terjadi secara simultan.

“Tiba-tiba, kami mendapati beberapa orang terjatuh di tanah, mengalami serangan jantung atau episode medis. Jadi kami segera mulai melakukan CPR dan memindahkan orang saat itu juga. Saat itulah saya pergi dan bertemu dengan promotor dan LiveNation, dan mereka setuju untuk mengakhiri konser lebih awal demi keselamatan publik,” katanya.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh festival musik di media sosial, dipastikan bahwa festival musik telah dibatalkan karena peristiwa tragis tersebut.

Melalui Twitter, Kantor Manajemen Darurat Houston memberikan nomor darurat dan titik reunifikasi bagi siapa saja yang belum dapat menghubungi teman atau keluarga yang hadir di konser.

Festival Astroworld merupakan festival musik tahunan yang diselenggarakan oleh rapper Travis Scott. Festival pertama kali diluncurkan pada 2018 setelah Scott merilis album studio berjudul serupa.

Festival kembali diadakan pada 2019 dengan memperluas line-up, tak hanya artis hip hop tetapi juga penyanyi dari genre lain. Festival 2020 dibatalkan akibat pandemi COVID-19 dan hingga akhirnya kembali digelar pada tahun ini.

Baca juga: Travis Scott rilis dua lagu terbaru jelang festival "Astroworld"

Baca juga: Belikan bus sekolah untuk anak, Kylie Jenner dan Travis Scott dikritik

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021