Dunia Geger! Ramai-ramai Negara Blokir Inggris, Ada Apa?

FILE - In this Sunday March 22, 2020 file photo British Prime Minister Boris Johnson gestures during his daily COVID 19 coronavirus press briefing to announce new measures to limit the spread of the virus, at Downing Street in London. The British prime minister's office says Boris Johnson will return to work Monday April 27, 2020, two weeks after he was discharged from a London hospital where he was treated for the new coronavirus. (Ian Vogler / Pool via AP, File)

Jakarta, – Warga Inggris kini dilarang masuk di sejumlah negara. Mengutip AFP, ini terjadi pasca pengumuman varian baru corona, VUI-202012/01, yang menyebar di luar kendali di kerajaan Sabtu (19/12/2020).

Mulai Minggu (20/12/2020) Negeri Eropa seperti Swedia, Italia, Turki melarang penerbangan internasional dari Inggris. Prancis dan Belanda melarang orang dan barang termasuk dari jalur laut.

Pilihan Redaksi
  • Susul Inggris dan AS, Swiss Setujui Vaksin Pfizer-BioNTech
  • Penularan Covid Lebih Cepat, Inggris Perketat Protokol
  • Januari 2021, WHO Siap Terbang ke China Selidiki Biang Corona

Sumber pemerintah Jerman bahkan mengatakan pembatasan perjalanan udara dari Inggris, akan segera dapat diadopsi seluruh negara Uni Eropa (UE). Pemimpin EU, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan kepala Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Charles Michel mengadakan panggilan penting untuk membahas ini.

Hal sama juga dilakukan Arab Saudi. Kemarin negeri itu menghentikan penerbangan internasional dan menangguhkan masuk melalui pelabuhan darat dan lautnya setidaknya selama seminggu. Hanya penerbangan yang sudah berada di Saudi yang diizinkan masuk.

“Kerajaan sementara menangguhkan semua penerbangan internasional, kecuali dalam kasus luar biasa – untuk jangka waktu satu minggu, yang dapat diperpanjang satu minggu lagi,” kata pejabat resmi Saudi Press Agency.

“Masuk ke kerajaan melalui pelabuhan darat dan laut juga akan ditangguhkan selama seminggu, yang dapat diperpanjang seminggu lagi.”

Kuwait juga melakukan hal serupa. Negara tetangga Saudi mengumumkan larangan kemarin untuk penerbangan penumpang dari Inggris, karena varian corona jenis baru ini.

Halaman 2>>