Enaknya Jadi PNS: Gapok Naik, Pensiunan Nambah dan THR Cair

PNS Upacara

Jakarta, – Pemerintah mengambil langkah serius dalam untuk merombak sistem pangkat dan gaji PNS. Hal tersebut akan ditangani langsung oleh Direktorat Kompensasi Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara.

Komponen penghasilan atau gaji yang terbaru, pemerintah akan memasukkan dua komponen tunjangan ke dalam gaji. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt Kepala Biro Humas, Hukum & Kerja Sama BKN, Paryono.

Dengan aturan ini maka, nantinya penghitungan penghasilan menjadi tunjangan kinerja dan kemahalan saja.

“Nantinya tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan ini akan dimasukkan dalam gaji,” ujarnya kepada ,¬†seperti dikutip Sabtu (5/12/2020).

Pilihan Redaksi
  • Jokowi Percepat Reformasi Birokrasi, Minta ASN Jangan Gaptek
  • Ingat Ya.. PNS Tetap Masuk di 28-29-30 Desember 2020
  • Ini Dia Empat Formulasi Kebijakan PNS Naik Gaji, Simak!

Adapun tunjangan kinerja didapatkan dari capaian kinerja, sedangkan tunjangan kemahalan didasarkan pada indeks harga yang berlaku di daerah masing-masing.

Sementara, yang berlaku saat ini komponen gaji PNS terdiri dari gaji dan tunjangan. Tunjangan mulai dari tinjangan kinerja, kemahalan, jabatan, dan keluarga yang terpisah dari gaji.

“Jadi tunjangan yang ada hanya tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan,” jelasnya.

Selain itu, penggajian PNS ke depan juga akan diubah menjadi berdasarkan jabatan. Di mana saat ini penggajian dilakukan berdasarkan pangkat.

“Kalau berbasis pangkat dimanapun ditempatkan gajinya mengikuti. Tapi kalau berbasis jabatan, kalau dia pindah, gajinya bisa lebih besar atau lebih kecil tergantung grade jabatan setelah dilakukan evaluasi jabatan,” tegasnya.