Fitur Baru WhatsApp: Transfer Uang Semudah Kirim Pesan

Jakarta, – Pengguna WhatsApp segera bisa melakukan transfer uang melalui platform semudah mengirim pesan melalui WhatsApp Payment. Fitur ini akan segera tersedia bagi pengguna di Brasil.

Fitur baru ini bisa diluncurkan setelah Bank Sentral Brasil pada pekan lalu dilaporkan memberikan lampu hijau ke WhatsApp untuk memungkinkan penggunannya mengirim uang menggunakan jaringan kartu Visa Inc dan MasterCard.

Pilihan Redaksi
  • Temuan Malware Pada Aplikasi, Pengguna Android Terancam
  • Jadwal Lengkap Pemblokiran Kartu ATM Lama Bank Mandiri
  • Jangan Kudet! Ini Cara Hapus Pesan WhatsApp Secara Otomatis

“(Kami) sedang melakukan persiapan akhir apar pembayaran melalui WhatsApp tersedia di Brasil secepat mungkin,” ujar juru bicara WhatsApp seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/4/2021).

Fitur ini sebelumnya diluncurkan pada pertengahan tahun lalu namun diblokir oleh Bank Sentral Brasil dengan alasan dapat merusak sistem pembayaran Brasil dalam hal persaingan, efisiensi, dan privasi data. Selain itu layanan ini tidak mendapatkan lisensi yang diperlukan.

Setelah awalnya mencoba menghindar jadi perusahaan jasa keuangan di Brasil, WhatsApp akhirnya menyerah dan mencoba mendapatkan izin dari regulator pembayaran Brasil.

Kini persetujuan tersebut telah didapatkan beberapa bulan setelah bank sentral menerbitkan pembayaran instan sendiri bernama Pix pada November 2020 yang telah diadopsi masyarakat secara luas.

Transfer dana melalui WhatsApp di Brasil hanya bisa dilakukan antar pengguna saja, tidak boleh melibatkan merchant. Artinya tidak izinkan melakukan transaksi pembayaran merchant menggunakan WhatsApp Payment. Saat ini ada 120 juta pengguna aktif WhatsApp di Brasil.

[Gambas:Video ]

(roy/sef)