Gokil! Ini 7 Orang Terkaya Dunia dari Aset Kripto dan Bitcoin

Jakarta, – Tak pernah ada yang memprediksi bila cryptocurrency atau uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum bisa membuat seseorang jadi orang kaya baru. Namun waktu membuktikan uang kripto bahwa bisa menjadikan seseorang masuk daftar orang terkaya dunia.

Iya, aset kripto dulu dianggap sebelah mata. Cryptocurrency dianggap hanya sebagai investasi berisiko tinggi yang tidak memilik underlying atau aset dasar yang jelas. Teknologi di belakangnya, Blockchain, dianggap tak cocok sebagai aset dasar.

Pilihan Redaksi
  • Duh! 2 Bursa Kripto Kolaps Dalam Sepekan, Tanda Apa Ini?
  • 4 Negara Ini Disebut Surga Uang Kripto & Bitcoin, RI Masuk?
  • Diserang Orang-Orang Top, Bitcoin Justru Beri Sinyal Meroket

Namun seiring melesatnya harga aset kripto membuat banyak investor dan trader meninggalkan saham. Mereka berburu cuan dengan cepat melalui cryptocurrency. Bitcoin dan uang digital pun menghasilkan orang terkaya di dunia.

Forbes memasukkan seseorang dalam daftar orang terkaya di dunia bila memiliki total aset di atas US$1 miliar atau setara Rp 14,5 triliun (asumsi US$14.500/US$). Berikut daftar orang terkaya di dunia karena aset digital, seperti dikutip dari Forbes, Selasa (27/4/2021):

1. Cameron Winklevoss & Tyler Winklevos

Saudara kembar ini merupakan pendatang baru daftar orang terkaya dari cryptocurency versi Forbes. Manta altet dayung ini memiliki kekayaan masing-masing US$3 miliar. Mereka mulai mengoleksi Bitcoin pada 2012. Mereka meluncurkan bursa kripto bernama Gemini dan mencaplok platform lelang seni digital Nefty Gateway.

2. Michael Saylor

Michael Saylor merupakan CEO perusahaan software MicroStrategy. Ia dikenal sebagai pendukung uang kripto. Ia memiliki memiliki total kekayaan mencapai US$2,3 miliar setelah berinvestasi pada Bitcoin sebelum harganya melambung tinggi.

3. Sam Bankman-Field

Sam Bankman-Field merupakan orang terkaya di dunia dari uang kripto dengan total kekayaan US$8,7 miliar. Alumni MIT berusia 29 tahun ini merupakan pendiri dari perusahaan quantitative trading Alameda Research dan bursa derivative populer FTX.

4. Brian Amstrong

Brian Amstrong merupakan CEO dan salah satu pendiri Coinbase, bursa kripto terbesar di Amerika Serikat (AS). Total kekayaannya mencapai US$6,5 miliar. Coinbase memiliki pendapatan US$1 miliar lebih dari platform jual-beli uang kripto. Coinbase jadi bursa kripto pertama yang mencatatkan saham di Wall Street.

5. Chris Larsen

Chirs Larsen merupakan salah satu pendiri dan chairman Ripple dengan total kekayaan mencapai US$3,4 miliar. Ripple memiliki uang kripto bernama XRP. Ia memiliki 3 juta uang kripto XRP dan memegang 17% saham Ripple Labs, perusahaan pembuat mata uang XRP.

6. Jeb McCaleb

Jeb McCaleb memiliki total kekayaan US$2 miliar. Ia merupakan salah satu pendiri Ripple dan kekayaannya berasal dari 3,4 juta XRP yang dimilikinya. Dia juga diperkirakan memiliki 1 miliar Stellar Lumens, uang kripto yang diciptakannya pada 2014 setelah berpisah dengan Ripple.

7. Changpeng Zhao

Changpeng Zhao memiliki total kekayaan senilai US$1,9 miliar. Dia merupakan pendiri salah satu bursa kripto terbesar di dunia bernama Binance. Changpeng Zhao diperkirakan memiliki 30% saham perusahaan.

[Gambas:Video ]

(roy/dru)