Heboh Gaji Karyawan Pertamina, Tertinggi dari Semua BUMN RI?

Pertamina Hulu Mahakam mulai ngebor sumur eksplorasi TDE C-1X. (Dok: Pertamina Hulu Mahakam)

Jakarta, – Bekerja di perusahaan pelat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi cita-cita banyak orang. Jaminan mendapatkan kesejahteraan yang baik merupakan salah satu impian yang ingin dicapai.

Salah satu BUMN yang menjadi tempat idaman bekerja adalah perusahaan minyak, Pertamina. Tawaran gaji dan fasilitas yang diberikan perusahaan minyak terbesar di tanah air ini, digadang-gadang merupakan salah satu yang terbesar dari level costumer service hingga posisi general manager atau senior vice president.

Lantas, berapa gaji para pegawai Pertamina?

Mengutip dari beberapa situs pencari kerja dan gaji, gaji terendah di Pertamina ada pada jenis pekerjaan bidang pelayanan pelanggan (Customer Service), petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), pustakawan, selain pegawai magang.

Gaji petugas SPBU disebut berada pada kisaran Rp 1,9 juta sampai Rp 5,1 juta per bulan.

Baca:

Benarkah Gaji Pertamina Paling Tinggi se-BUMN RI? Cek Nih

Dikutip dari situs Glassdoor, gaji pegawai Customer Service Pertamina berada pada kisaran Rp 3,35 juta sampai Rp 3,64 juta per bulan. Lalu pustakawan (Librarian) sekitar Rp 4,9 juta-Rp 5,2 juta per bulan.

Untuk pegawai magang sendiri ada yang berada di kisaran Rp 1,76 juta-Rp 3,07 juta per bulan. Namun gaji pegawai magang bidang HSE (Health, Safety and Environement) lebih tinggi yakni Rp 5,35-Rp 5,77 juta per bulan.

Sementara gaji karyawan bidang manajemen, seperti akuntan, HRD, dan administrasi lebih rendah dibandingkan bagian teknik.

Adapun gaji pegawai HRD berada di kisaran Rp 12,8 juta-Rp 13,8 juta, staf akuntansi Rp 9,6 juta-Rp 10,5 juta, administrasi Rp 19,4 juta-Rp 21,07 juta.

Sedangkan untuk pegawai teknis seperti engineer sekitar Rp 8,89 juta-Rp 21,4 juta per bulan, pekerja kilang Rp 14 juta-Rp 26 juta per bulan, Reservoir Engineer Rp 21,84 juta-Rp 32,74 juta.

Gaji karyawan paling tinggi diterima oleh pimpinan bidang masing-masing, antara lain pengawas HSE (HSE Supervisor) Rp 24,16-26,3 juta, Engineering Manager Rp 55,5 juta-Rp 59,9 juta, Manager IT Solution Rp 57,5 juta-Rp 62,5 juta, dan Chief Supply Chain sekitar Rp 63,59 juta-Rp 68,97 juta per bulan.

Jumlah tersebut bisa saja lebih tinggi bila ada bonus tambahan.

Seperti diketahui, belum lama ini jagat maya dihebohkan dengan sebuah unggahan foto yang seolah menunjukkan slip gaji petugas kebersihan PT Pertamina (Persero). Bukan apa-apa, yang membuat publik heboh adalah karena pada foto slip gaji tersebut tertera gaji petugas kebersihan Pertamina mencapai Rp 13,6 juta per bulan.

Slip gaji tersebut tertanggal 7 April 2021 dengan rincian gaji pokok Rp 3 juta, bonus absen sebesar Rp 950 ribu, bonus kerja Rp 1,5 juta, dan lemburan Rp 8,17 juta.

Namun, hal itu langsung dibantah oleh manajemen Pertamina. SVP Corporate Communication and Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto menegaskan bahwa informasi dari unggahan foto tersebut tidak benar.

“Informasi pada postingan tersebut tidak benar dan menyesatkan,” ungkapnya kepada .

Baca:

Serba-Serbi PNS: Besaran Gaji Hingga Tunjangan, Mantap!