Hujan Bulan Juli! Rupiah Melemah 2,47%, Terlemah di Asia

Dollar AS - Rupiah (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, –¬†Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah sepanjang bulan lalu. Dolar AS yang pada awal bulan masih di bawah Rp 14.200, pada akhir bulan sudah di atas Rp 14.500.

Sepanjang Juli 2020, rupiah melemah 2,47% terhadap dolar AS secara point-to-point. Rupiah menjalani tren pelemahan pada pekan I-III, dan baru membaik pada pekan terakhir.

Baca:

AS Sah Resesi! Jika Pasar Buka Rupiah Terbang Atau Tumbang?

Hampir seluruh mata uang utama Asia menguat di hadapan dolar AS. Hanya dua yang melemah, rupiah dan baht Thailand. Sementara dolar Hong Kong mengakhiri Juli dengan stagnasi.

Namun depresiasi 2,48% membuat rupiah jadi mata uang terlemah Asia sepanjang Juli. Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning sepanjang bulan lalu:

Maklum, investor memang sepertinya ‘gatal’ ingin mencairkan keuntungan dari memegang rupiah. Sepanjang kuartal II-2020, rupiah begitu digdaya dengan penguatan belasan persen di hadapan greenback.

Oleh karena itu, keuntungan yang didapat dari rupiah sudah lumayan besar. Tekanan jual menerpa rupiah sampai menjadi yang terlemah di Asia.