Ini Formasi Seleksi CPNS 2021 dan Syaratnya

Jakarta, – Tahun ini pemerintah berencana untuk membuka 1,3 juta lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Lowongan yang dibuka terbanyak adalah untuk formasi guru atau sebanyak 1 juta penerimaan. Sementara formasi lainnya akan dibuka secara merata.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan jabatan lainnya yang dimaksud seperti bidan, perawat, dokter, hingga tenaga penyuluh.

Baca:

Wahai Pensiunan PNS, Rezeki Nomplok Menanti di Masa Tua Lho

“Proses pengadaan tahun 2021 ini merupakan pengalaman pertama dalam merekrut sekitar 1,3 juta pegawai, jumlah yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya,,” kata Tjahjo saat memberikan pengarahan dalam penandatanganan komitmen pembangunan Mal Pelayanan Publik.

Berikut rincian jabatan yang akan dibuka untuk CPNS tahun ini:

– Guru PPPK 1.000.000 Formasi: Pelamar dari Guru Honorer Eks THK-2 dan Lulusan PPG
– Pengadaan PNS di Pemerintah Pusat 83.000 Formasi (CPNS/CPPPK): Sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi untuk berbagai jabatan yang dibutuhkan.
– Pengadaan PNS di Pemerintah Daerah 189.000 Formasi: 70.000 PPPK JF selain guru dan 119.000 CPNS jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

Baca:

Bokek Hilang Jauh, PNS Ini Pendapatan Tertinggi se-RI