Jadwal Blokir Kartu ATM Lama BNI, BCA dan Mandiri

UNTUNGNYA PUNYA kartu atm GPN

Jakarta, – Pengguna kartu debit/ATM lama harus segera menukarkan kartunya ke kartu debit chip. Pasalnya, penggunaanya akan segera dibatasi.

Soal hal ini sudah ada dalam Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.

Pilihan Redaksi
  • Mengenal Shiba Inu, Uang Kripto ‘Pembunuh’ Dogecoin
  • Bukti Nyata Cuan RI Makin Besar Gegara Makhluk Super Siklus
  • Digebuk China, Harga Uang Kripto Kompak Berguguran

Sudah berselang empat tahun sejak aturan ini ada dan mengajak masyarakat mengganti kartu magnetic stripe ke debit chip.

Kartu chip dianggap lebih aman jika dibandingkan magnetic stripe dari serangan kejahatan siber. Namun sebenarnya tak semua kartu magnetic stripe, BI pun telah mengatur mengenai hal tersebut.

“Penggunaan teknologi lainnya, yaitu teknologi magnetic stripe, masih diperbolehkan untuk Kartu ATM/Debet yang diterbitkan atas dasar rekening tabungan yang memiliki saldo paling banyak Rp 5.000.000,00 berdasarkan perjanjian antara penerbit dan nasabah,” tulis BI.

Walaupun sudah ditentukan batas akhir penukaran kartu hingga akhir tahun ini, namun sejumlah bank ada yang mengadakan program pemblokiran sendiri.

Agar tidak lupa, berikut jadwal blokir kartu magnetic stripe untuk Bank Mandiri, BCA dan BRI, dirangkum dari situs resmi perusahaan, Kamis (20/5/2021):

Bank Mandiri

Sejak April lalu, Bank mandiri memulai program sendiri yakni Cleansing Mandiri. Program ini akan memblokir sesuai dengan expiry date yang tertera dalam waktu tertentu.

Misalnya pada 1 Juni mendatang, giliran kartu expiry date 2023-2025. Lalu pada 1 Juli 2021 untuk 2026-2030.

Bagi pemegang kartu magnetic stripe Mandiri, dapat menukarkannya di cabang terdekat. Program ini gratis dan hanya tinggal membawa kartu identitas serta kartu debit magnetic stripe.

BCA

Untuk kartu BCA berbasis magnetic stripe resmi tak bisa digunakan pada 1 Januari 2022.

Untuk yang ingin menukarkan bisa melalui layanan customer service di seluruh cabnag BCA Indonesia. Selain itu juga dapat di layanan mesin self service, lokasinya bisa langsung dicek di laman resmi BCA.

BRI

Sementara itu pemilik kartu magnetic stripe BRI masih ada kesempatan menukarkannya hingga akhir tahun 2020. Nasabah dapat menukarkannya secara gratis dan berada di 9000 unit kerja seluruh Indonesia.

Pada September mendatang pihak BRI meyakini bisa mencapai 100% migrasi kartu ini. Pada Februari, BRI mengklaim sudah 82% migrasi terjadi.

[Gambas:Video ]

(roy/roy)