Jerry Ng dan Susanto Suwarto Orang Terkaya RI, Siapa Mereka?

Jakarta, – Jerry Ng dan Susanto Suwarto masuk dalam jajaran 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada 2021. Keduanya merupakan pendatang baru dalam jajaran 50 orang terkaya versi Forbes tahun lalu.

Keduanya memiliki jaringan bisnis di bidang media dan perbankan di Indonesia yang mengandalkan teknologi, yang membawa mereka dinobatkan sebagai salah satu dari 50 terkaya.

Jerry Ng

Jerry Ng merupakan seorang bankir senior dan berada di peringkat ke-44 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan bersih US$ 2,5 miliar per April 2021 setara Rp 35 triliun, meningkat pesat dari dengan kekayaan bersih September 2020 sebesar US$ 600 juta atau setara Rp 8,4 triliun.

Sumber terbesar kekayaan Jerry Ng berasal dari Bank Jago (ARTO). Jerry Ng merupakan founder sekaligus pemegang saham terbesar. Harga saham Bank Jago telah naik dari Rp 100 menjadi sektor Rp 10 ribu sejak perusahaan mengumumkan menjalankan konsep neo bank (bank digital murni).

Kekayaan Jerry pada 2021, bahkan mengalahkan pengusaha dan pendiri Grup Saratoga, Edwin Soeyadjaya dengan kekayaan bersih US$ 580 juta dan pendiri Medco Energi, Arifin Panigoro dengan kekayaan bersih US$ 550 juta.

Jerry adalah nama yang tak asing di dunia perbankan. Ia sudah lama malang melintang di industri keuangan nasional. Pada 2003 lalu, Jerry juga pernah berkarier di Bank Danamon namun hengkang pada September 2007.

Dia juga tercatat pernah bekerja di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan Grup Astra. Sejumlah jabatan penting pernah diembannya seperti Deputi Presiden Direktur di PT Bank Universal, Presiden Direktur di PT Federal International Finance (FIF), dan menjadi Komisaris di PT Astra Colonial Mutual Group Life.

Jerry Ng juga menjabat sebagai Direktur Utama BTPN periode 2008-2019. Di bawah kepemimpinannya, BTPN mampu menjadi bank dengan total aset yang meningkat 10 kali lipat.

Kemudian, ia keluar dari BTPN setelah bank tersebut merger dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia. Jerry memilih untuk menjadi enterpreneur dengan mengakuisisi PT Bank Artos Tbk (ARTO) dan menjadikannya bank digital dengan nama baru yaitu PT Bank Jago.

Baca:

Hartanya Rp 2 Ribu T, Jeff Bezos (Masih) Terkaya di Dunia