Jakarta () – Johnny Depp mengatakan bahwa dia merasa diboikot oleh Hollywood karena film terbarunya, "Minamata" yang belum dirilis di Amerika Serikat.

Dalam wawancara terbaru dengan The Sunday Times, Depp mengatakan selama lima tahun ia merasa tersingkir dari komunitas Hollywood.

Depp membintangi film tersebut sebagai W Eugene Smith, seorang jurnalis foto Amerika yang membantu mengungkap dampak buruk keracunan merkuri pada komunitas pesisir di Jepang pada 1970-an.

Setelah aktor tersebut kalah dalam kasus pencemaran nama baik terhadap tabloid Inggris The Sun, yang menyebutnya sebagai "pemukul istri" dalam sebuah artikel tentang Depp dan mantan istrinya Amber Heard, MGM dilaporkan menangguhkan rilis dari "Minamata" yang disutradari oleh Andrew Levitas.

Depp juga dipaksa keluar dari waralaba Warner Bros, "Fantastic Beasts" tahun lalu setelah dia kalah dalam kasus tersebut.

"Saya memandang orang-orang itu dan berjanji kami tidak akan eksploitatif. Bahwa film itu harus dihormati. Saya percaya bahwa kami telah memenuhi kesepakatan kami, tetapi mereka yang datang kemudian juga harus mempertahankan milik mereka," ujar Depp dilansir The Hollywood Reporter, Senin.

Depp juga mengatakan soal posisinya saat ini di industri film dan peran komunitas Hollywood yang berusaha memboikot seorang aktor yang karirnya sudah jatuh selama beberapa tahun terakhir.

"Beberapa film menyentuh orang dan ini memengaruhi orang-orang di Minamata dan orang-orang yang mengalami hal serupa. Dan untuk apa pun… untuk boikot Hollywood terhadap saya? Satu orang, satu aktor dalam situasi yang tidak menyenangkan dan berantakan, selama beberapa tahun terakhir?," kata Depp.

Menurut Depp, dia berusaha untuk bisa memperbaiki keadaan dan mencoba kesempatan yang ada.

Festival Film San Sebastian dan Karlovy Vary baru-baru ini menggandakan keputusan mereka untuk menghormati bintang kontroversial itu meskipun mendapat kritik atas keputusan tersebut.

Festival film San Sebastian mengumumkan minggu ini bahwa mereka akan menghormati Depp dengan Penghargaan Donostia, penghargaan pencapaian seumur hidup yang mengakui kontribusi luar biasa bagi dunia film.

Festival Film Internasional Karlovy Vary di Republik Ceko juga mengatakan akan memberi penghargaan khusus terhadap bintang "Pirates of the Caribbean" dan mengakui peran besar dari Depp untuk industri film global.

Baca juga: Sineas perempuan kritik penghargaan untuk Johnny Depp

Baca juga: Johnny Depp dan Michael Caine akan dapat penghargaan Karlovy Vary

Baca juga: Festival Film San Sebastian berikan penghargaan pada Johnny Depp

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021