Jakarta () – Dengan semakin dilonggarkannya pembatasan sosial, Ramadan 2022 disambut dengan optimisme yang tinggi dari umat Muslim di Indonesia.

Untuk meningkatkan semangat para pengguna menjalani ibadah puasa dengan baik, JOOX menghadirkan berbagai konten hiburan berfaedah mulai dari playlist lagu menenangkan hati, konser Ramadan bersama beberapa musisi tanah air, serta obrolan berfaedah bersama para Ustad muda.

Berdasarkan laporan Google Winning Ramadan with Digital 2021, orang Indonesia sudah mulai mencari berbagai hal terkait Ramadan empat minggu sebelum Ramadan. Hal tersebut juga terlihat dari kebiasaan pengguna JOOX yang sudah mulai mendengarkan lagu-lagu bernuansa religi sejak satu minggu sebelum Ramadan.

“Konsumsi berbagai lagu bernuansa religi dan menenangkan hati semakin meningkat mendekati bulan Ramadan," ujar Head of Marketing JOOX Indonesia Yuanita Agata dalam keterangannya, Selasa.

Lagu “Marhaban Ya Ramadhan” dari Haddad Alwi dan “Ramadhan Tiba” yang dibawakan Opick pun menjadi lagu yang paling sering diputar selama bulan Ramadan 2021. Hal tersebut dikatakan Yuanita menunjukkan antusiasme pengguna JOOX menjalani Ramadan dengan baik.

"Oleh karena itu, JOOX menghadirkan berbagai konten hiburan berfaedah untuk menemani pengguna mulai dari bangun sahur, menunggu berbuka, hingga waktu beristirahat setelah Sholat Tarawih,” tambah Yuanita.

Obrolan berfaedah dan konser Ramadhan

Menghindari hal buruk dan banyak melakukan hal baik adalah hal yang sebaiknya dilakukan umat Muslim selama Ramadan. Hal ini yang mendorong peningkatan jumlah lagu bernuansa religi yang diputar selama bulan Ramadan.

Oleh karena itu, JOOX pun menghadirkan berbagai playlist spesial Ramadan, seperti Ramadan Hits, Tenangkan Batin, Nuansa Ramadan, dan Idul Fitri.

Di momen spesial ini juga, JOOX memberikan apresiasi kepada salah satu artis Top JOOX, UNGU sebagai JOOX Artist of The Month di bulan Ramadan, April 2022. Grup band legendaris yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun ini telah menemani para pencinta musik tanah air dengan merilis tujuh lagu album studio, 22 album kompilasi, serta enam album religi.

Melihat keberhasilan single religi mereka “Bismillah Cinta” yang berkolaborasi dengan Lesti Kejora tahun lalu, UNGU pun tidak ragu untuk merilis dua single religi di tahun ini. Lagu pertama “Dengan Nafasmu”, UNGU hadirkan dengan kolaborasi lintas generasi bersama Selfi Yamma dan Rara LIDA. Sedangkan lagu kedua, UNGU menggandeng Raja Dangdut Rhoma Irama lewat lagu mash-up, berjudul “Andai Ku Tahu/Laa Illaha Illallah”. Kedua lagu tersebut sudah bisa didengarkan di JOOX.

Selama bulan Ramadan, kebiasaan pengguna pun sedikit berubah. Pengguna mulai aktif menggunakan JOOX mulai waktu sahur sekitar pukul 3 pagi dan meningkat pesat di waktu menunggu berbuka puasa dan waktu istirahat setelah berbuka dan Sholat Tarawih.

Di kedua waktu tersebut, JOOX menghadirkan konten hiburan spesial yang dapat dinikmati pengguna secara gratis.

Di waktu istirahat setelah berbuka, JOOX bekerja sama dengan LAZADA menghadirkan Konser Ramadan yang menggandeng beberapa artis tanah air yang memiliki banyak penggemar setia, seperti Raisa, Tri Suaka & Nabila Maharani, KOTAK, dan Rara LIDA. Konser tersebut dapat disaksikan pada tanggal 11 – 14 April 2022, setiap pukul 20:00 – 21:00 WIB melalui fitur JOOX Live.

Sedangkan di waktu menunggu berbuka, Ustad muda Husain Basyaiban dan AXIS mengajak Muda Moody JOOX untuk ngobrolin berbagai hal baik, seperti manfaat berpuasa, hukum Ghibah saat berpuasa, hingga cita-cita setelah bulan Ramadan.

Semua Muda Moody JOOX dapat mengikuti diskusi ringan namun berfaedah ini pada tanggal 4 – 8 April 2022 sambil menunggu waktu berbuka, pada pukul 16:00 – 17:00 WIB hanya di JOOX Rooms. Selain Rooms Dakwah bersama Ustad Husain Basyaiban ini, ada juga Rooms bersama Anisa Rahman, Rooms lomba Dakwah “Adu Faedah”, dan berbagai obrolan berfaedah di JOOX Rooms setiap waktu Sahur dan Ngabuburit.

Baca juga: JOOX hadirkan ragam konten audio di bulan Ramadhan

Baca juga: Simple Plan sapa penggemar di Indonesia lewat JOOX Rooms

Baca juga: JOOX luncurkan fitur baru Karaoke ROOMS

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2022