Jakarta () – Kanye West akhirnya merilis album studio ke-10-nya, "Donda", ke layanan streaming pada Minggu pagi waktu setempat. Perilisan ini menandai berakhirnya penundaan album selama lima minggu yang mencakup empat acara public listening dan banyak spekulasi di media sosial.

"Donda", dinamai dari nama ibu West yang meninggal pada 2007, dirilis dua tahun sejak album studio kesembilannya, "Jesus is King". Jay-Z, the Weeknd, Jay Electronica, Travis Scott, Young Thug, Lil Baby, Kid Cudi, Pop Smoke, dan lainnya muncul di album ini.

Dalam lagu "Jail", West menghadirkan Brian Warner (alias Marilyn Manson) sebagai komposer dan penulis lirik, yang secara kontroversial muncul di acara public listening ketiga West di Chicago. Sementara di lagu “New Again”, West menggaet Chris Brown sebagai komposer dan penulis lirik.

Album oleh pemenang Grammy kali ini mengalami beberapa penundaan karena dipromosikan di beberapa acara public listening (satu di Las Vegas, dua di Atlanta pada 23 Juli dan 6 Agustus, dan Kamis lalu di Chicago). Rapper itu bahkan tinggal di dalam Stadion Mercedes Benz Atlanta untuk periode musim panas ini dalam upaya untuk menyelesaikannya.

Menjelang rilis album, West tampil ke media sosialnya untuk mengunggah foto-foto dan utas yang mencatat bahwa manajer DaBaby tidak menghapus lirik rapper untuk "Jail."

Pada Minggu sore, "Jail", yang menampilkan syair Jay-Z, "Jail pt. 2", yang mencakup syair DaBaby, keduanya tersedia di layanan streaming.

Beberapa jam setelah mencuitkan utas, West menghapusnya dari Instagram-nya dan mengunggah klaim baru bahwa labelnya merilis album tanpa izinnya.

Pratinjau (preview) resmi pertama "Donda" muncul dalam iklan Beats by Dre, dibintangi oleh Sha'Carri Richardson dan menampilkan lagu West "No Child Left Behind." Richardson membantu mempromosikan lagu Donda lainnya, “Glory” dengan Dr. Dre, dalam iklan Beats by Dre kedua.

Baca juga: Meski bercerai, Kim Kardashian tetap penggemar berat Kanye West

Baca juga: Unduhan palsu album Kanye West "Donda" berisi malware

Baca juga: Dokumenter tentang Kanye West siap dirilis di Netflix

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021